Cara Meningkatkan Conversion Rate yang Efektif
Digital Marketing

Cara Meningkatkan Conversion Rate yang Efektif

Cara Meningkatkan Conversion Rate yang Efektif

Cara Meningkatkan Conversion Rate yang Efektif – Conversion rate adalah sebuah parameter yang sering digunakan dalam digital marketing untuk menghitung kesuksesan strategi marketing yang sedang dilakukan.

Ada berbagai macam jenis dari conversion yang biasanya sering dihitung dengan menggunakan conversion rate.

Seperti pembelian, mengisi data, menghubungi customer service, menggunakan fitur yang ada dalam sebuah website, dan berlangganan newsletter. 

Cara Meningkatkan Conversion Rate yang Efektif

1. Menggunakan Fitur Pop Up

Apakah anda pernah melihat pop up saat sedang mengunjungi sebuah website?

Fitur pop up ini biasanya digunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang berisi desain visual dan sebuah headline.

Hal tersebut bisa menarik perhatian pengunjung untuk melihat lebih lanjut tentang isi pop up tersebut.

Maka dari itu, anda dapat menggunakan fitur ini untuk meningkatkan conversion rate dan membuat hal ini secara kreatif dan menarik siapa saja yang melihatnya.

2. Menambahkan CTA

CTA atau Call-to-Action biasanya akan ditambahkan dibagian akhir artikel.

Apabila anda sering membaca kalimat yang berupa ajakan untuk mengunjungi halaman produk atau melakukan pembelian.

Maka kalimat tersebut disebut sebagai CTA yang tujuannya adalah untuk menarik pengunjung dan melakukan konversi.

3. Mangoptimalkan Layanan Customer Service

Saat pengunjung website anda akan melakukan pembelian atau hanya ingin sekadar bertanya tentang informasi detail dari produk tersebut.

Tentu saja anda akan membutuhkan costumer service.

Maka dari itu, anda harus memaksimalkan layanan ini dimulai dari meletakkan informasi, seperti contact person, email, dan menggunakan chat bot.

Dengan begitu, tidak ada customer yang terlewatkan dan anda bisa memperoleh conversion. 

4. Membuat Landing Page yang Menarik Perhatian Pengguna

First impression tentunya sangat penting.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kesan pertama yang baik dimata pengunjung, anda harus membuat landing page yang mempunyai desain UI dan UX yang menarik.

Hal tersebut bertujuan supaya pengunjung merasa tertarik dan melakukan conversion melalui website anda.

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Conversion Rate pada Marketing

Bagaimana Cara Menghitungnya?

1. Untuk jumlah conversion dengan total pengunjung dalam satu bulan.

2. Hasil pembagian dikali 100%.

3. Hasil akhir dari perkalian tersebut adalah hasil conversion rate dari website  Anda.

Dengan begitu, berdasarkan 3 cara tersebut maka anda akan menghasilkan rumus sebagai berikut:

Conversion rate = (total conversion / total pengunjung) x 100%

Back To Top