Company Profile: Pengertian dan Manfaatnya - maxx99 - Digital Agency
BisnisBrandingDesignDigital Marketing

Company Profile: Pengertian dan Manfaatnya

Company Profile: Pengertian dan Manfaatnya

Company Profile: Pengertian dan Manfaatnya – Company profile merupakan salah satu hal yang penting dan harus ada dalam perusahaan.

Setiap perusahaan atau bisnis pasti memiliki hal ini.

Tanpa company profile, mungkin pengguna tidak akan mengetahui secara rinci tentang informasi perusahaan yang dibangun.

Bahkan apa produk yang ditawarkan, dan hal yang lainnya.

Secara tidak langsung, komponen inimemiliki peran penting untuk menarik perhatian para konsumen pada perusahaan.

Jadi, apa itu company profile? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Company Profile

Dikutip dari Hubspot, company profile merupakan gambaran umum tentang perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk memberi tahukan pada audiens tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Bukan itu saja, komponen ini biasanya berisi tentang kisah.

Mulainya sebuah perusahaan, visi-misi, dan memberi tahukan pada audiens terkait alasan menjual produk atau jasa tersebut.

Secara luas, company profile bertujuan untuk memberi tahu keberadaan sebuah perusahaan dengan informasi-informasi terperinci.

Dengan demikian, company profile dapat meningkatkan awareness pelanggan serta menarik perhatiannya.

Selain itu, adanya komponen ini juga penting untuk menarik perhatian investor.

Hal Penting yang Harus Ada Didalamnya

Seperti yang telah disebutkan diatas, tujuan dari pembuatan company profile yaitu untuk memberi tahu informasi terkait perusahaan pada audiens.

Dengan demikian, perhatikan dengan teliti apa saja informasi yang perlu dituliskan dan mana sekiranya yang tidak dibutuhkan.

Dikutip dari Make Use Of, berikut beberapa hal penting yang harus ada dalam company profile yaitu:

1. Rincian Perusahaan

Masukkan berbagai informasi secara rinci untuk dimasukkan ke dalam profil perusahaan.

Hal ini dilakukan agar audiens bisa mengenal perusahaan Anda lebih dalam.

Berikut beberapa rincian perusahaan yang dapat dituliskan:

Nama perusahaan

Tanggal didirikan

Alamat perusahaan

Nomor telepon

Alamat website

Alamat email.

2. Informasi Dasar Perusahaan

Sebenarnya, tidak semua perusahaan harus menuliskan informasi dasar perusahaan.

Terlepas dari itu, inilah informasi-informasi dasar perusahaan yang dapat dituliskan:

Visi dan misi

Deskripsi produk atau layanan

Sejarah dan pertumbuhan

Detail tim inti

Portofolio klien.

3. Pencapaian Perusahaan

Jika perusahaan telah mendapatkan beberapa pencapaian, maka sangat penting untuk dimasukkan ke dalam profil perusahaan.

Pencapaian yang bisa ditulis dalam company profile seperti:

Penghargaan 

Sertifikasi

Program dan proyek khusus

Ulasan

Pengakuan dari media.

4. Informasi Tambahan

Pilihan ini bersifat opsional sehingga tidak harus mencantumkannya. Contoh dari informasi ini yaitu:

Penjualan tahunan

Target keuangan

Jumlah karyawan

Mitra

Foto-foto.

BACA JUGA : Fungsi Company Profile bagi Bisnis

Manfaat Company Profile

1. Menjalin hubungan dengan konsumen

Salah satu hal penting dari dibuatnya company profile yaitu menjalin hubungan antara perusahaan dan konsumen.

Konsumen bisa melihat secara detail terkait apa saja informasi yang ditanamkan oleh perusahaan. 

Bahkan, konsumen berinteraksi langsung dengan tim pemasaran melalui kontak yang tersedia.

Dikutip dari Udemy, hal ini dapat membantu perkembangan bisnis dengan baik karena btelah mengarahkan pada konsumen dengan tepat.

2. Sebagai media pemasaran

Secara tidak langsung company profile juga bisa dijadikan media pemasaran bagi perusahaan.

Karena dalam profil perusahaan sudah tertera deskripsi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dengan begitu, calon pelanggan bisa membacanya terlebih dahulu dengan seksama sebelum mereka membeli dan menggunakan produk atau jasa Anda.

3. Memperkuat branding

Tidak kalah penting, profil perusahaan juga bisa membantu memperkuat branding perusahaan.

karena, didalamnya telah tercantum kelebihan dan keunggulan perusahaan daripada kompetitor lain.

Hal tersebut membantu calon konsumen untuk mempertimbangkan perusahaan. 

Jika dikemas dengan baik, besar kemungkinan calon konsumen akan tertarik pada perusahaan Anda.

4. Memberi gambaran umum perusahaan

Selain sebagai media pemasaran dan branding, profil perusahaan juga bisa memberikan pengetahuan pada calon konsumen terkait perusahaan.

Karena, di dalamnya berisi tentang sejarah dan perkembangan yang telah dilewati oleh perusahaan.

Hal ini secara tidak langsung akan membuat calon pelanggan melirik perusahaan Anda.

Referensi Compro Terbaik

Simak beberapa contoh company profile terbaik dari perusahaan ternama berikut ini:

Google

Google yang dikenal sebagai raksasa mesin pencarian di dunia ini juga mempunyai website dan telah menggunakan company profile.

Perusahaan tersebut mendeskripsikan perusahaan dengan kalimat singkat dan jelas.

Padahal, Sebagai raksasa mesin pencari, mereka telah memiliki banyak pencapaian. Sepertinya 1 halaman saja tidak cukup menjelaskannya.

Starbucks

Perusahaan yang menjual minuman kopi ini juga dapat memberi contoh company profile yang baik.

Sekilas, Starbucks membuka kalimat awal mengenai bagaimana awal mula perusahaan tersebut berdiri dan perkembangannya hingga saat ini.

Nike

Perusahaan yang memproduksi sepatu olahraga ini adalah brand yang berhasil dikenal di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Apabila Anda membuka website Nike, maka satu kalimat singkat dengan pemutaran video dari para konsumen yang menggunakan produknya.

Sangat sederhana, tapi compro brand Nike sudah berhasil membawa produknya dikenal hampir di seluruh dunia.

Philips

Philips juga mempunyai company profile yang unik, dengan menyisipkan banyak gambar dan cerita untuk memperkuat keunggulan perusahaan.

Audiens yang melihat foto dan deskripsinya, pasti sudah mengetahui itu merupakan produk Philips.

Perusahaan tersebut juga sering melakukan pembaruan website-nya sebanyak 4 kali per tahun.

Hal seperti ini jarang dilakukan oleh perusahaan lain. Philips ingin supaya websitenya tetap dinamis dan selalu menampilkan informasi baru.

Bloomberg

Hampir sama dengan perusahaan Nike, bloomberg juga lebih memilih tampilan company profile video dalam websitenya.

Dengan demikian, informasi penting tentang profil perusahaan, dapat tersampaikan pada audiens dengan tampilan yang menarik.

Compro ini juga menggambarkan bahwa para audiens telah mengenal perusahaanya.

Terbukti, dengan deskripsi tentang statistik singkat dari berbagai kategorinya.

Sebagai sebuah perusahaan besar yang ingin dikenal public, perusahaan tersebut menyisipkan compro yang baik dalam website pribadinya.

Tujuannya, supaya bukan hanya dikenal dengan produk-produk terbaiknya.

Tapi juga menginformasikan pada public, bagaimana performa perusahaan untuk memproduksi yang terbaik dalam jangka waktu yang lama.

Kesuksesan yang ditulis dalam company profile tentu saja berdasarkan pengambilan keputusan dari berbagai bidang dalam perusahaan tersebut.

Itulah penjelasan tentang company profile dan apa saja yang sekiranya harus ada di dalamnya.

Bisa disimpulkan bahwa company profile merupakan salah satu hal yang penting untuk mengembangkan perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus mempunyai company profile yang menarik. Tertarik untuk membuat compro?

Anda bisa menggunakan jasa Digital Marketing Agency dari MAXX99 yang bisa membantu Anda untuk membuat company profile menarik bagi website bisnis Anda.

Back To Top