Divisi Marketing – Dapat dikatakan, divisi marketing merupakan sebagian nyawa dari proses penjualan sebuah produk di dalam suatu perusahaan, bukan hanya dari jenisnya, rasio penjualan produk besar maupun kecil perusahaan, divisi marketing sangatlah dibutuhkan.
Dalam Divisi Marketing Terdiri dari?
1. Product Manager/ Brand Manager
Product atau brand manager biasanya pada beberapa perusahaan seringkali dikenal dengan product executive, yaitu seseorang yang bertanggung jawab dalam sebuah produk dan jumlah omset penjualan dari hasil penjualan, meskipun mereka memang tidak secara langsung terjun pada proses melakukan penjualan.
Seringkali, mereka diberi tanggung jawab secara langsung untuk mengatur budget komunikasi perusahaan. Jadi, mereka harus mengetahui, apa, kapan, dan bagaimana perusahaan akan membuat event, iklan, hingga diskon tertentu.
Mereka juga biasanya akan membawahi orang yang bekerja sebagai sales di sebuah perusahaan. Mereka tentunya harus bisa membimbing sales tersebut, karena sales bisa membantu proses penjualan perusahaan.
2. Community Manager atau Engagement Manager
Orang yang ada diposisi ini mempunyai tugas untuk menjalin hubungan yang baik antar perusahaan dan konsumen perusahaan, tapi hal itu tidak dikerjakan secara langsung.
Mereka perlu melakukan analisis produk yang akan dijual oleh perusahaan, kemudian menggunakan strategi yang berdasarkan pada analisa, jadi keluhan yang ada bisa diatasi dan hubungan yang baik juga akan terjaga untuk jangka waktu yang lebih panjang.
Baca Juga : Inilah Engagement Metrics untuk Digital Marketing
Tujuan mereka yaitu untuk memperoleh kesetiaan konsumen atau repeat order pada produk. Biasanya, mereka akan diberi target pemasukan minimal atau customer engagement minimal oleh perusahaan.
3. Area Manager
Apabila di kedua bidang sebelumnya lebih banyak berhuungan dengan melakukan proses penjualan kepada konsumen, maka seorang area manager biasanya akan lebih banyak dihadapkan dengan penjualan yang menghadap langsung ke lokasi.
Mereka tidak banyak berpikir untuk meningkatkan brand, iklan, hingga strategi diskon. Karena, hal tersebut biasanya sudah di pegang oleh brand manager, tapi mereka biasanya akan lebih banyak berhubungan dengan panen produk dalam pasar serta mendaatkan berbagai masalah yang terjadi dalam prosesnya.
4. Marketing Director
Seorang marketing director memiliki tanggung jawab besar yang langsung terhadap berbagai proses marketing yang ada dalam sebuah perusahaan. Berbagai strategi pemasaran yang di lakukan oleh berbagai jabatan biasanya akan sesuai arahan yang diberikan dari marketing director.