Demographic Targeting pada Targeted Advertising
BrandingDigital Marketing

Demographic Targeting pada Targeted Advertising

Demographic Targeting pada Targeted Advertising

Demographic targeting – Apakah anda pernah melihat iklan atau ads yang berkaitan dengan profil demografis Anda?

Demographic targeting merupakan salah satu strategi marketing melalui iklan yang akan menargetkan pengguna sesuai dengan target demografi dari iklan (targeted advertising).

Pengertian Targeted Advertising

Targeted Advertising adalah sebuah bentuk dari iklan online yang menargetkan sifat, ketertarikan dan pengalaman tertentu dari pelanggannya.

Pengiklan bisa memperoleh informasi tersebut melalui pelacakan kegiatan yang Anda lakukan saat menggunakan internet.

Mungkin Anda sering melihat iklan yang memperkenalkan produk yang sesuai dengan minat Anda setelah Anda mencari hal terkait dalam internet.

Jadi, inilah yang disebut dengan targeted advertising.

Dalam hal ini, iklan akan ditampilkan pada segmentasi audiens tertentu. Seperti individu, grup dan demografis tertentu.

Di mana jenis iklan dipilih karena berkaitan dengan konten dari sebuah website, dengan asumsi jika iklan yang ditampilkan juga akan berkaitan dengan audiens yang berkunjung pada website tersebut.

Demographic Targeting pada Targeted Advertising

Demographic targeting merupakan cara menargetkan audiens berdasakan kategori demografis

Dapat dikatakan, hal ini efektif dilakukan oleh pengiklan, supaya mereka bisa menargetkan audiens dengan tepat.

Iklan ini juga akan mengurangi iklan yang tidak dibutuhkan, dan menghemat biaya, karena hanya harus menayangkan iklan pada audiens yang potensial.

Penargetan iklan ini juga dianggap tepat sasaran, karena hanya menayangkan iklan yang relevan kepada audiens.

Kemungkinan produk maupun layanan yang di iklankan menjadi semakin besar.

BACA JUGA : Inilah Yang Dimaksud Digital Advertising Dan Jenis Formatnya

Perbedaan Target Pasar dan Demographic Targeting

Meskipun target pasar dengan demographic targeting adalah sebuah proses segmentasi pemasaran yang bisa di katakan lebih luas.

Hal tersebut biasa di kenal sebagai marketing yaitu Segmentation, Targeting and Positioning. Akan tetapi, keduanya mempunyai perbedaan berdasarkan tujuannya.

Target pasar tujuannya supaya pengiklan bisa mengidentifikasi pasar mana yang berpotensial agar bisa menjamin mereka untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Ada beberapa parameter yang menjadi pertimbangan untuk menentukan pasar yang berpotensi seperti perkembangan, jumlah kompetitor, ukuran pasar dan kemampuan perusahaan.

Sementara, demographic targeting memiliki tujuan untuk menggabungkan audiens berdasarkan persamaan sifatnya.

Kemudian menargetkan mereka melalui iklan yang di tujukan memang untuk mereka.

Dapat di katakan bahwa target ini mempunyai performa yang lebih baik ketika bisnis memiliki pelanggan dengan karakteristik pribadi yang dapat di definisikan dengan lebih detail.

Back To Top