Digital Marketing Dalam Metaverse, Apakah Bisa? - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Digital Marketing Dalam Metaverse, Apakah Bisa?

Digital Marketing Metaverse

Digital Marketing Metaverse – Metaverse dinilai akan menjadi sebagai masa depan dari internet, dalam metaverse tersedia ruang untuk bekerja, bermain serta berinteraksi dalam dunia virtual. Jika anda mempunyai bisnis, anda bisa menggunakan adanya metaverse untukmemasarkan produk dari bisnis. Metaverse dapat dijadikan media marketing untuk menarik perhatian audiens. 

Keuntungan Memasarkan Produk dalam Metaverse

Keuntungan dari digital marketing dalam metaverse yaitu melakukan kampanye marketing dengan kreativitas yang tidak terbatas. Anda bebas berkreasi dengan menggunakan berbagai ide fantastis yang tidak dapat dibuat dalam dunia nyata.

Jadi, strategi marketing apa yang dapat di lakukan dalam  metaverse?

1. Influencer Marketing

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah influencer. Istilah ini terkait pada seorang pengguna media sosial yang begitu terkenal dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan melakukan pembelian produk.

2. Digital Campfire 

​Istilah digital campfire tertuju terhadap sebuah komunitas mikro yang dimana para pengguna media sosial bisa berinteraksi secara pribadi. Perubahan tersebut harus diketahui pebisnis supaya terus terhubung dengan audiens. Kreativitas pada marketing dibutuhkan untuk disesuaikan dengan berkurangnya perhatian audiens. 

Digital campfire bisa dijadikan sebuah ruang ideal untuk membangun interaksi dengan audiens yang lebih mendalam. Hal tersebut karena pengaruh besar yang terbentuk dari iteraksi dalam ruang sosial kecil seperti Roblox maupun Discord.

Baca Juga : Pentingnya Menerapkan Digital Marketing untuk UMKM
3. Iklan Sensorik

Biasanya, iklan untuk menarik perhatian hanya menggunakan sebuah efek visual dan audio saja. Saat ini, iklan dapat dibuat dengan lebih menarik yang menggunakan semua panca indra audiens. pelatihan teknologi haptic maupun sensasi serta sentuhan karena kontak secara fisik penggunanya dengan komputer bisa menjadikan iklan terlihat lebih menarik. Teknologi haptic tersebut mungkin bisa meningkatkan keterlibatan audiens.

4. Digital 3D Showroom dalam Virtual World

Showroom juga bisa dijadikan sebagai sebuah strategi digital marketing dalam metaverse. Adanya showroom secara virtual juga bisa menambah peluang bagi sebuah brand untuk memasarkan produk dalam metaverse secara efekti metaverse. 

5. Massive Interactive Live Event Seperti Fashion Exhibition, Virtual Music Show

Massive interactive live event atau MILE adalah acara interaktif yang isinya sebuah game maupun live shows. Acara tersebut dapat memberi penonton pengalaman yang berkesan. Selain itu, penonton juga bisa berinteraksi.

Untuk para pebisnis, tentu saja anda harus bisa menerapkan strategi digital marketing dalam metaverse dengan tepat.

Back To Top