Elemen Penting dalam Header Webiste – Header webiste dapat dikatakan sebagai judul dari website tersebut.
Header berada dibagian atas website dimana anda bisa menciptakan pengalaman pengunjung dalam bagian ini.
Bukan hanya bisa menggunakan logo, tapi anda juga bisa menambahkan tools yang bisa membuat pengunjung merasa tertarik pada tampilan website.
Elemen Penting dalam Header Webiste
1. Top Header
Top Header merupakan bagian teratas dari judul.
Biasanya hal ini berisi menu yang bisa digunakan pengunjung untuk menjelajahi isi website anda.
2. Logo
Logo perusahaan anda harus berada dibagian tengah website atau diujung kiri dalam top bar.
3. Navigasi
Navigasi berfungsi sebagai petunjuk bagi pengunjung, dimana mereka bisa mendapatkan informasi mengenai halaman dalam website.
4. Search Bar
Bar pencarian berfungsi untuk memudahkan pengunjung website anda untuk melakukan pencarian.
Baik itu mencari halaman website, produk yang mereka cari dalam web anda, atau jasa dari web anda.
5. Ikon Sosial Media
Ikon bisa membantu untuk meningkatkan followers dalam sosial media.
Karena pengunjung website anda bisa lebih mudah untuk mengakses sosial media bisnis anda dan mengikutinya.
6. Login atau Signup
Jika anda membangun website berbasis akun, pastikan apabila link untuk login atau membuat akun baru (sign up) mudah untuk diakses dalam bagian top bar.
7. Header Imagery
Bagian ini biasanya terletak dibawah top header website. Disinilah tempat anda untuk memamerkan produk ataupun jasa yang anda pasarkan.
8. Video atau Gambar
Agar anda bisa menggunakan beberapa kombinasi gambar, baik itu foto produk, cuplikan perangkat lunak, maupun ilustrasi yang bisa menarik perhatian pengunjung website anda.
BACA JUGA : Elemen Untuk Desain Visual dalam UI Design
9. Copywriting
Copywriting biasanya membuat produk atau jasa anda mempunyai kesan tersendiri untuk pengunjung yang mengunjungi website anda.
Oleh karena itu, anda membuthkan branding yang kuat dalam bagian ini.
10. Unique Selling Point (USP)
Anda harus menunjukan pada pengunjung website anda, apabila produk atau jasa yang anda pasarkan unik dan terbaik.
Selain itu, anda harus memastikan produk anda mempunyai perbedaan dari brand lain (USP).
11. Link atau Tombol Call-to-Action (CTA)
Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan traffic dari website yang anda miliki.
Bahkan, anda bisa mendapatkan serangkaian data dari kegiatan yang dilakukan oleh pengguna yang mengunjungi website anda.