Email Marketing dan Strategi Email Marketing - maxx99 - Digital Agency
BrandingDigital Marketing

Email Marketing dan Strategi Email Marketing

Email Marketing Strategi

Email Marketing Strategi – Sederhananya, Email marketing adalah salah satu strategi yang sering digunakan perusahaan untuk melakukan pemasaran. Apakah kamu tahu apa itu email marketing dan bagaimana strateginya?

Strategi ini berarti email digunakan sebagai media marketing. Tapi, harus diketahui bahwa marketing jenis ini beda dengan jenis marketing yang lain.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah email berisi konten atau pesan komersial yang dikirim kepada pelanggan, salah satunya informasi tentang produk, promo atau event yang sedang berlangsung, dan lain-lain.

Strategi Email Marketing

Untuk memanfaatkan email marketing ini, tentu memerlukan strategi khusus yaitu:

1. Kenali kebiasaan calon pelanggan

Strategi pertamanya adalah mengenal kebiasaan calon pelanggan. Cari tahu kebutuhan calon pelangganmu dan pahamilah selera mereka. Jika sudah dilakukan, maka konten email yang cocok untuk pelanggan bisa dibuat. 

2. Tetapkan target penjualan lewat email

Riset dulu dalam industrimu berapa penjualan yang berhasil dilakukan dari email. Gunakan rata-rata tersebut sebagai patokan untuk menetapkan target penjualanmu.  Kemudian, kamu juga memerlukan data penggunaan email yang akurat agar bisa menetapkan target yang realistis. 

3. Kelompokkan user  

Kalau kamu sudah tau persona pelanggan dan target penjualanmu, saatnya untuk mengelompokkan user atau pelanggan ke dalam daftar tertentu.

Kamu bisa mengelompokannya berdasarkan minat, usia, lokasi tempat tinggal, dan lain-lain. Mereka akan menerima email khusus mengenai produk terbaru, tentunya yang sudah disesuaikan dengan profil kelompok tersebut.

4. Tentukan jenis campaignmu

Sebelum mulai mengirimkan email, tentukan dulu jenis campaign yang ingin dijalankan. Kampanye ini berkaitan dengan profil pelanggan dari daftar email yang sudah kamu kelompokkan. Pastikan campaign-mu sudah sesuai dengan profil pelanggan yang kamu sasar.

Jangan lupa, tentukan juga jadwal mengirim email yang tepat bagi pelangganmu. Beri tahu pelangganmu dari awal email apa saja yang akan dikirimkan dan seberapa sering mereka akan menerimanya. Ini bertujuan untuk membangun kepercayaan dan supaya mereka selalu ingat akan brand-mu.

Baca Juga : Mengenali Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

5. Evaluasi dan ukur hasilnya

Ukur hasil dari email marketing yang sudah dijalankan. Setelah menerapkan berbagai strategi yang sudah dicontohkan di atas, ukuran keberhasilan harus segera ditetapkan.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengukur keberhasilan email marketing. Hal itu bisa dilakukan dengan menetapkan KPI yang jelas atau menggunakan metode A/B testing.

Itu dia serba-serbi email marketing yang perlu kamu tahu. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba tantangan ini?

Back To Top