Banner Ads – Iklan adalah sebuah kegiatan untuk mengenalkan produk maupun jasa pada audiens. Baik secara tradisional melalui media cetak, radio dan televisi iklan menjadi salah satu hal penting untuk pemasaran produk maupun jasa dalam sebuah perusahaan.
Sehingga berbagai inovasi diperlihatkan supaya iklan bisa menarik perhatian audiens dan menjaga pelanggan yang loyal. Salah satunya dengan menggunakan teknologi informasi pada iklan, seperti beriklan melalui media Internet.
Iklan yang memanfaatkan media Internet mempunyai berbagai strategi pemasaran, contohnya mempromosikan produk maupun jasa baru yang memanfaatkan media email atau biasanya disebut email campaign seperti junk mail, spam, Opt-In email atau permission email address, selanjutnya strategi affiliate programs yang memanfaatkan pihak ketiga untuk menyimpan tautan dan mengarah pada halaman website anda.
Selanjutnya memberi informasi yang dibutuhkan pengguna saat memasuki halaman website anda melalui tautan yang ditaruh dalam website maupun blog pihak ketiga yang dimiliki, sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan sebelumnya.
Sebenarnya banner merupakan bentuk awal advertising web yang hingga kini masih dimanfaatkan oleh website, meski belakangan ini kepopulerannya mulai menurun, dan telah tergantikan oleh bentuk advertising yang lain seperti text ads bahkan iklan yang disamarkan pada konten dan mampu meningkatkan CTR (Click Through Rate).
Salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung yang dimanfaatkan hampir oleh seluruh penyedia layanan online, pebisnis, pengelola bisnis model afiliasi atau pemilik sebuah website non-komersil juga merupakan banner.
Baca Juga : Banner Ads Strategi Campaign yang Tepat Bagi Bisnis
Baik itu hanya sekedar gambar statis, tulisan dan gambar statis, atau gambar dan tulisan bergerak, sepeortinya penerapan banner sudah bisa meningkatkan pengunjung untuk situs website. Setidaknya mungkin lebih dari beberapa ukuran standar pada banner yang mungkin biasanya ditemukan memperlihatkan bahwa banner ini dinilai penting dan strategis untuk meningkatkan traffic.
Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2010 di Indonesia, ternyata sebuah faktor pada kunjungan, karakteristik tampilan dari banner ads, gender, jenis pekerjaan dan tingkat pendidikan terakhir memiliki pengaruh yang penting pada keefektifan banner ads daalm sebuah website untuk meningkatkan brand image.
Sedangkan pada pihak yanga lain, faktor seperti tingkat aksesibilitas internet, kecepatan memuat banner ads, usia pengunjung, serta lokasi akses internet tidak memiliki pengaruh yang penting pada keefektifan banner ads dalam sebuah website yang sama.