Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang populer dan banyak digunakan untuk mencari referensi tentang sesuatu, menambah pengetahuan, cara konten, bahkan banyak brand yang menggunakannya untuk promosi digital.
Selain itu, Instagram masih diyakini sebagai media yang efektif untuk menerapkan strategi digital marketing. Karena itulah, wajar jika banyak pengusaha online, mulai dari UMKM, UKM, hingga brand besar melakukan kampanye media sosial di Instagram.
Lalu, bagaimana cara meningkatkan efektivitas penggunaan Instagram sebagai media promosi dan pemasaran? Tentunya Anda perlu memanfaatkan berbagai fitur yang ada di Instagram, terutama beberapa fitur baru Instagram yang akan dirilis pada tahun 2022 mendatang.
Fitur Baru di Instagram untuk Meningkatkan Engagement
Sticker Add Yours
Stiker Add Yours atau Drop Your Photos dapat digunakan melalui stiker di Instagram Stories. Untuk pemilik bisnis atau merek, fitur Tambahkan Milik Anda dapat membantu meningkatkan interaksi dengan pelanggan atau pengikut Anda, misalnya dengan mengatur tantangan dan semua pengikut Anda dapat bergabung untuk bersenang-senang.
Misalnya, Anda menjual sepatu dan membuat tantangan “OOTD dengan sepatu kasual”. Tantangan ini akan membantu meningkatkan interaksi dengan audiens, yang berarti juga akan meningkatkan tingkat keterlibatan akun Instagram bisnis.
Membuat tantangan stiker Tambahkan Milik Anda juga membuka peluang untuk menjangkau lebih banyak audiens di luar pengikut. Karena stiker ini bisa digunakan oleh semua pengguna Instagram, termasuk non-followers.
Instagram Collaboration
Pernahkah Anda melihat akun Instagram menampilkan foto, video, dan Reel yang sama, lengkap dengan caption? Itulah hasil penggunaan fitur baru di Instagram yang disebut Instagram Collaboration. Melalui penggunaan fitur ini, Anda dapat menandai akun lain saat mengunggah foto atau video di feed Anda. Kolaborasi Instagram dapat membantu kolaborasi antar merek karena foto atau video yang diposting oleh satu pengguna juga akan muncul di beranda pengguna lain yang diundang untuk berkolaborasi.
Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan kolaborasi Instagram dalam mempromosikan produk. Tidak hanya keterlibatan media sosial yang meningkat, tetapi dengan cara ini Anda dapat secara bersamaan meningkatkan brand awareness, kredibilitas, dan meningkatkan return of investment atau ROI.
Sticker Link
Dulu, bisa menyematkan URL ke situs web melalui cerita Instagram hanya bisa dilakukan oleh akun dengan 10k pengikut ke atas. Nah, sejak tahun 2021, Instagram mulai menghapus fitur swipe up dan menggantinya dengan stiker yang bisa diisi URL. Fitur stiker URL Link ini bisa digunakan oleh semua pengguna Instagram tanpa minimal followers.
Baca juga : https://suakaraya.com/3-jenis-content-marketing-untuk-promosi-bisnis/
Sticker link tentu menjadi angin segar bagi para pelaku UKM, UKM, dan rumahan yang belum memiliki banyak pengikut. Berbagai keuntungan bisa Anda rasakan sebagai pemilik usaha kecil melalui fitur ini. Salah satunya, bisa membantu Anda meningkatkan penjualan.
Caranya, Anda hanya perlu menambahkan link produk yang dijual di website atau marketplace langsung di Instagram Stories. Tidak hanya itu, menyematkan URL website di Story juga akan membantu meningkatkan traffic website karena akan memudahkan audiens untuk mengunjungi website resmi bisnis Anda.
Posting dari Desktop
Saat ini, Anda dapat mengakses Instagram melalui desktop PC dengan cara yang lebih lengkap, dan tidak seperti sebelumnya, Anda hanya dapat melihat feed atau cerita yang diunggah. Hal ini tentunya memudahkan para pakar media sosial hingga admin media sosial untuk mengunggah konten yang tersimpan di komputer. Jadi, tidak perlu repot mentransfernya ke smartphone Anda terlebih dahulu.
Fitur Live Scheduling
Live Instagram adalah salah satu strategi pemasaran digital. Saat ini, untuk melakukan live Instagram, tersedia fitur bernama Live Scheduling. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberi tahu pengikut tentang jadwal siaran langsung berikutnya. Tujuannya tentu agar followers yang ingin melihat secara live tidak ketinggalan jadwal.
Anda dapat mengatur jadwal ini dari 90 hari sebelumnya. Jadi, pengikut yang ingin melakukan siaran langsung dapat mengosongkan jadwal terlebih dahulu. Ini dapat menguntungkan pemilik bisnis, karena jangkauan langsung bisa lebih efektif daripada siaran langsung secara tiba-tiba. Melalui fitur notifikasi kepada pengguna, jumlah peserta Live bisa lebih banyak dari biasanya.
Anda bisa menerapkan kelima fitur Instagram tersebut untuk membantu meningkatkan engagement bisnis yang sedang Anda Kelola. Lebih banyak interaksi dengan audiens memberikan dampak yang sangat baik untuk bisnis.
Gratis Konsultasi
Hubungi kami
Comments
There are no comments yet.