Fungsi Google Analytics pada Digital Marketing
Digital MarketingSEO

Fungsi Google Analytics pada Digital Marketing

Fungsi Google Analytics

Fungsi Google Analytics Pebisnis yang menerapkan strategi digital marketing, tentu saja harus mengetahui fungsi Google Analytics untuk mengelola website bisnis mereka.

Google Analytics ini adalah salah satu dari beberapa software program Google Marketing Platform yang bisa di gunakan secara gratis.

Meskipun begitu, manfaat software ini akan menjadi lebih optimal apabila anda menggunakan layanan berbayar.

Tools ini adalah salah satu tools yang bisa di gunakan oleh pemilik maupun pengembang website bisnis terutama untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Di dalamnya tersedia berbagai fitur yang menarik dan bisa digunakan untuk mengumpulkan berbagai data agar menghasilkan strategi marketing yang efektif.

Fungsi Google Analytics Pada Digital Marketing

1. Mendapatkan Informasi Pengunjung

Pengunjung yang mengakses sebuah webiste lewat koneksi internet tentu memiliki identitas.

Identitas pengunjung bisa dilacak oleh tools tersebut agar mengetahui beberapa data dan informasi penting mengenai pengunjung.

Prinsip tersebutlah yang berlaku dalam Google Analytics. Yaitu untuk mendapatkan beberapa informasi pengunjung website.

Informasi tersebut dapat berbentuk lokasi, jenis kelamin, kegiatan internet pengguna, perangkat apa yang digunakan, serta minat.

Data yang didapatkan tersebut bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengetahui kebutuhan pengunjung website bisnis.

Dengan begitu, Anda dapat merencanakan strategi apa yang paling tepat untuk meningkatkan kinerja pemasaran digital anda.

BACA JUGA : Cara memasang Google Analytic Dengan Lengkap!

2. Memantau Trafik Secara Langsung

Istilah trafik akan mengarah pada lintasan pengguna yang mengunjungi website Anda. Data trafik yang akan di peroleh bukan hanya jumlah pengunjung saja.

Tapi juga akan mencakup kegiatan apa saja yang dilakukan oleh pengunjung ketika menjelajahi halaman website anda.

Data trafik tersebut akan terus diperbarui dengan cepat, sehingga Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang baru.

Tapi, pekerjaan marketer tidak hanya memantau trafik saja. Mereka juga bekerja untuk meningkatkan trafik menggunakan strategi supaya memperoleh lebih banyak.

Saat kunjungan pada halaman website Anda semakin meningkat, maka hal tersebut adalah peluang untuk meningkatkan performa bisnis.

3. Menganalisis Performa SEO

Tools ini juga bisa membantu anda untuk menganalisis kunjungan pengguna pada website Anda dan kegiatan yang mereka lakukan.

Performa SEO dapat diukur dari berbagai hal. Berdasarkan berbagai data yang dianalisis tersebut, Anda bisa merencanakan strategi konten selanjutnya.

Dengan demikian, website akan mendapatkan lebih banyak kunjungan dan berpengaruh pada kegiatan pemasaran Anda.

Back To Top