Fungsi Headline bagi Konten yang Harus Diketahui - maxx99 - Digital Agency
Content MarketingContent Writer

Fungsi Headline bagi Konten yang Harus Diketahui

Fungsi Headline bagi Konten yang Harus Diketahui

Fungsi Headline bagi Konten yang Harus DiketahuiHeadline merupakan salah satu hal penting yang mempengaruhi minat baca dan perhatian audiens.

Headline yang menarik bisa membantu untuk memperhatikan minat baca audiens pada artikel. Maka dari itu, jangan sampai membuat judul secara sembarangan.

Pengertian

Headline merupakan judul utama dari sebuah karya tulis seperti artikel, kolom majalah, hingga berita.

Judul biasanya ditulis besar dan tebal, jadi pandangan audiens akan langsung tertuju ke dalamnya.

Inilah alasan mengapa judul harus dibuat eye-catching karena bisa menjadi salah satu hal yang menentukan ketertarikan audiens pada sebuah konten.

Jika hal ini semakin menarik, maka engagement konten tersebut mungkin akan semakin besar karena mereka tidak beralih ke konten lain.

Fungsi Headline bagi Konten yang Harus Diketahui

1. Memberikan Gambaran Mengenai Artikel

Dengan membaca judul, audiens mungkin akan tertarik pada topik yang ada dan membacanya hingga selesai.

2. Membuat Penasaran

Supaya audiens bersedia membaca hingga akhir, maka headline harus berisi pernyataan yang menarik perhatian mereka.

Tapi harus diingat, jangan pernah membuat judul konten yang clickbait.

3. Optimasi SEO

Saat audiens melakukan pencarian menggunakan kata kunci, maka mesin pencari akan otomatis menampilkan artikel yang judulnya mengandung keyword tersebut.

BACA JUGA : Tipe-tipe Headline yang Dapat Menarik Perhatian Audiens

Cara Membuatnya

1. Hindari Penggunaan Kalimat yang Panjang

Jangan membuat headline yang terlalu panjang. Google merekomendasikan judul yang tidak lebih dari 60 karakter.

Oleh karena itu, buatlah judul yang singkat, padat, dan jelas.

2. Menggunakan Data dan Angka Yang Ganjil

Dilansir dari detik.com yang mengarah ke penelitian Neil Patel, judul yang menggunakan data spesifik akan meningkatkan 73% interaksi audiens.

Dengan menggunakan angka, maka mereka menjadi lebih penasaran.

3. Headline yang Berupa Pertanyaan

Dikutip dari Goins Writer, kata tanya ternyata bisa menjadi pemicu bagi audiens untuk melakukan klik.

Tapi harus diingat bahwa Anda harus memastikan bahwa kata tanya tersebut sesuai dengan isi konten dan bisa membuat mereka lebih penasaran.

4. Mengapa Audiens Harus Membaca?

Ketika membuat judul, pastikan Anda menjawab hal ini. Anda bisa menggunakan kalimat yang berisi alasan mengenai pentingnya sebuah konten.

5. Mencerminkan Isi dari Konten

Hindari penggunaan judul yang tidak mencerminkan isi konten. Usahakan tidak membuat headline yang clickbait karena akan mengecewakan ekspektasi audiens.

Back To Top