Design

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam User Experience Design

User Experience Design

User Experience Design – Tujuan pembuatan UX design adalah untuk membuat sebuah tampilan website supaya mudah diakses oleh para pengguna. UX merupakan sebuah elemen penting yang bisa berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah produk baik itu website dan aplikasi.

UI dan UX merupakan hal yang penting saat membuat website atau aplikasi. Kedua hal tersebut saling berkombinasi untuk membuat pengalaman yang menarik untuk penggunanya.

User Experience adalah pengalaman yang akan dirasakan oleh penggunanya saat mengunjungi sebuah website. Para UX desainer harus membuat desain yang bisa memudahkan pengguna saat menggunakan website. Dengan begitu, untuk mendesain website dan user experience yang menarik, maka perlu mengetahui kebutuhan dan perilaku pengguna, jadi nantiny akan bisa menciptakan design tepat untuk memberi kenyamanan pada pengguna.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat User Experience Design.

1. Dapat Digunakan

Hal ini merupakan salah satu yang terpentig untuk diutamakan. Sebuah website maupun aplikasi yang dibuat tentu harus mudah diakses oleh para pengguna. Saat pengguna mengunjungi website, biasanya pengguna akan memanfaatkan navigasi untuk menelusuri website. Apabila pengguna kesulitan saat menggunakan navigasi yang ada, maka masih bisa dikatakan bahwa design UX website perlu perbaikan.

2. Konsisten

Saat pengguna mengakses sebuah website, pengguna akan mempelajari fitur, cara bekerja dan pengalaman yang akan diberikan. Adanya konsistensi, maka akan memudahkan pengguna untuk memahami fungsi dalam sebuah website, karena pengguna biasanya telah terbiasa pada pengalaman dan cara kerja yang disediakan. Bahkan konsistensi juga bisa untuk tata letak tampilan, serta rasa yang ada dalam setiap website.

Baca Juga : Perbedaan, UX Designer, UX Researcher, dan UX Writer

Meski berbagai halaman websi fungsinya berbeda, tapi seorang UX desainer harus bisa menyediakan konsistensi pada sebuah tampilan, perasaan, serta hal lain yang bisa membuat penggunanya lebih mudah saat menggunakannya.

3. Dapat Diakses

Sebuah website yang diciptakan harus bisa diakses dengan mudah oleh  pengunjung. Anda tidak akan tahu siapa saja yang mengakses website Anda, maka dari itu, buatlah tampilan website yang bisa dikunjungi oleh semua orang.

4. Pengujian Kegunaan

Biasanya ada yang masih tidak melakukan pengujian dan akan bernggapan bahwa website yang di buat telah dapat digunakan. Seharusnya, tahap ini adalah tahap yang harus dilakukan, karena tujuan pembuatan website yaitu untuk semua orang, bukan hanya digunakan untuk pribadi.

Back To Top