Cara Membuat Copywriting – Membuat copywriting menarik adalah sebuah hal yang ada dalam bisnis sekarang ini. Karena untuk promosi, copywriting jangan sampai di abaikan begitu saja. Apabila hanya ada gambar saja dalam iklan dan tanpa ada tulisan yang menarik untuk menarik minat pembacanya, tentu iklan tersebut tentu tidak berhasil. Dengan kedaan itulah, jadi Anda perlu mengetahui cara membuat copywriting yang menarik.
Cara Membuat Copywriting:
1. Menentukan Tujuan
Untuk membuat copywriting yaitu anda harus menentukan tujuan Ketika proses membuat iklan tersebut. Apabila anda akan membuat beberapa copywriting pada produk yang berbeda-beda, buatlah konten iklan yang beda juga. Jadi, saat Anda sedang membuat copywriting, akan lebih fokus.
2. Membuat Headline yang Menarik
Pada copywriting, headline yang menarik tentu harus dibuat. Arti dari headline yaitu judul utama dari konten iklan tersebut. Biasanya tulisannya juga yang paling besar dan akan pertama dibaca. Bahkan dapat dikatakan membuat headline mungkin terkadang gampang namun juga kadang sulit.
Baca Juga : Tools yang Perlu Dikuasai Content Writer
3. Membuat Beberapa Opsi
Sebaiknya anda hanya membuat sebuah topik iklan terhadap satu tujuan saja, tapi saat proses membuatnya, jangan sampai hanya mempunyai satu opsi saja. Alangkah baiknya membuat beberapa opsi, mulai dari headline sampai body copy.
4. Menggunakan Pendekatan yang Sesuai
Membuat copywriting yang menarik tidak hanya dibaca dari susunan katanya saja, namun juga pendekatan yang akan digunakannya. Di dalam copywriting terdapat beberapa pendekatan yang harus di ketahui, yaitu:
- Kerasionalan
Menggunakan kegunaan dan manfaat dari produk yang di jual.
- Emosional
Menambahkan sisi emosi yaitu rasa bangga, humoris, bahkan rasa nyaman pada copywriting Anda.
- Gabungan
Kombinasi dari pendekatan adalah emosional dan rasional.
- Retorik
Memberi kebenaran terkait produk dan layanan.
- Deskripsi
Membuat copywriting yang berbentuk cerita.
- Etika
Membuat pesan yang dapat merubah kebiasaan orang.
- Informatif
Membuat copywriting yang isinya lebih mendalam mengenai produk dan jasa.
- Bukti
Menambahkan kata yang isinya pendpat untuk mempengaruhi pembacanya.