SEO

Inilah Komponen yang Harus Diukur Dalam KPI SEO

KPI SEO

KPI SEO РAdanya KPI SEO adalah sebuah alat untuk mengukur performa dan tahapan SEO yang sudah digunakan. Key Performance Indikator dalam SEO adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan dimanfaatkan sebagai acuan untuk mengetahui  performa dari SEO.

Inilah Komponen KPI yang Diukur

1. Peringkat Kata Kunci

Jika peringkat keyword semakin tinggi, maka semakin tinggi juga kesadaran merk dan pengunjung organik.

2. Pengunjung Organik

Jika mengukur organic traffic, maka Anda bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung yang mengunjungi website anda dengan cara menggunakan hasil penelusuran organik.

3. Organic CTR

Semakin tinggi tingkat CTR menunjukan bahwa peringkat website semakin meningkat. Bukan itu saja, CTR juga bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi keterkaitan headline dan meta description dengan mesin pencari Google.

4. Lama Waktu dalam Website

Dengan mengetahui berapa lama durasi waktu yang dihabiskan para pengunjung dalam website anda, maka anda bisa mengetahui kualitas dari website.

Baca Juga : Inilah Cara Kerja SEO yang Harus Diketahui
5. Backlinks

Anda juga harus mengetahui kualitas backlink. Caranya dengan mengukur domain yang telah menempatkan website anda sebagai arahan dan jumlah total backlinknya.

6. Number of Indexed Pages

Anda harus mengetahui grafik halaman yang sudah terindeks mesin pencari, jadi jika nantinya mungkin mengalami penurunan atau peningkatan tidak disangka, maka anda bisa mencari tahu apa yang menyebabkannya.

7. Konversi (Leads and Sales)

Ketika akan mengukur konversi, Anda harus lebih dulu memilih konversi yang akan diukur. Anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk mengukur konversi pengunjung.

8. Visibility Pencarian

visibilitas pencarian adalah untuk memperlihatkan perkembangan website. Visibilitas pencarian bisa diketahui dengan menggunakan Google Search Console.

9. ROI

Mengetahui ROI atau Return of Investment adalah salah satu tahap yang penting untuk dijalankan, karena menjadi cara untuk mengetahui keberhasilan. Saat mengukur ROI ini Anda bisa mengukurnya sesuai dengan investasi SEO dan penghasilan dari channel SEO tersebut.

10. Coverage Issues

Sangat penting juga untuk mencari masalah apapun yang terjadi kepada website anda untuk mengetahui kesalahan yang bisa mempengaruhi website anda.

11. Branded Traffic

Branded Traffic ini bisa diketahui jika keyword hasil penelusuran akan menampikan nama brand yang di miliki. Berarti, nama brand yang Anda punya tersebut telah memasuki peringkat pada SERP.

12. Core Web Vitals

Core Web Vitals atau CWV biasanya bisa memengaruhi peringkat pada halaman pengguna.

Back To Top