Mengetahui makna sebuah warna dalam sebuah logo atau bentuk desain merupakan salah satu hal yang penting karena mengetahui makna warna atau psikologi warna dapat memberikan pengaruh positif atau negatif atau emosional pada khalayak visual.
Pada artikel kali ini Suakaraya akan menjelaskan secara umum pentingnya arti warna dalam sebuah logo atau sebuah karya desain agar maksud dan makna dari pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik.
Berikut pengertian warna dan kegunaannya dalam sebuah logo :
Biru
Biru adalah warna yang menyampaikan kepercayaan dan profesionalisme. Warna ini sangat populer digunakan di perusahaan keuangan, keamanan dan teknologi. Oleh karena itu, jika melihat sebagian besar logo aplikasi di smartphone memiliki kombinasi warna biru, mungkin karena warna biru terkait dengan maknanya dalam dunia teknologi.
Oranye
Oranye adalah warna sekunder yang dihasilkan dari kombinasi warna merah dan kuning. Oranye membawa kesan kreativitas, kebahagiaan, kebebasan dan kepercayaan diri. Umumnya perusahaan yang memiliki budaya kerja atau semangat kerja kreativitas dan kebebasan akan memilih warna ini sebagai salah satu warna identitas perusahaannya.
Baca juga : https://suakaraya.com/cara-memilih-channel-online-marketing-yang-tepat/
merah
Merah menyampaikan gairah, ketertarikan, energi, dan kemarahan. Warna merah juga melambangkan emosi yang kuat seperti cinta romantis dan juga dapat menggambarkan atau memicu nafsu makan, warna ini sering digunakan di perusahaan / penyedia makanan cepat saji.
Kuning
Kuning adalah warna yang menyampaikan kebahagiaan dan optimisme. Penggunaan warna kuning mudah menarik perhatian karena menonjol jika dibandingkan dengan warna primer lainnya. Kuning sering digunakan oleh perusahaan yang berjiwa muda, kreatif.
Ungu
Ungu membawa kesan kemakmuran. Selain itu, jika warna ungu dipadukan dengan emas dapat menampilkan unsur kemewahan dan kekayaan.
Hijau
Hijau sering dikaitkan dengan alam. Hijau merupakan warna yang menyampaikan kesan sehat dan alami. Umumnya warna ini menjadi pilihan untuk menggambarkan kesan natural atau kesan ramah lingkungan.
Hitam
Hitam membawa kesan elegan, klasik, kepuasan, kekuatan. Merek-merek fashion ternama internasional sering menggunakan warna hitam yang membuat produk mereka lebih eksklusif. Tapi warna hitam bisa memiliki konotasi negatif karena mengisyaratkan kematian, ketakutan, dan kesedihan.
putih
Putih memunculkan kesan kemurnian, kepolosan dan menciptakan estetika minimalis. Putih juga merupakan warna yang paling netral dari semuanya dan paling baik digambarkan sebagai warna dasar untuk warna lain yang lebih menarik. Putih biasanya digunakan dalam merek kesehatan dan kecantikan untuk menyampaikan sesuatu yang murni.
Nah, itu dia penjelasan umum mengenai makna dari sebuah logo. Jadi, apabila Anda ingin membuat logo untuk menentukan warna jangan asal ya!
Comments
There are no comments yet.