Jenis-jenis Content Digital Marketing yang Perlu Anda Tahu - maxx99 - Digital Agency
Content MarketingDigital Marketing

Jenis-jenis Content Digital Marketing yang Perlu Anda Tahu

Jika Anda ingin menggunakan digital marketing untuk bisnis, mulailah belajar membuat konten sebagai modal awal, karena jika tidak maka Anda akan kesulitan untuk mengambil langkah selanjutnya, jika bisa di awal tidak akan bertahan lama.

Jenis kontennya sederhana: gambar, video, teks tertulis, dan juga suara, baik tunggal maupun gabungan. Misalnya, ada dua artikel dalam artikel ini, yaitu gambar dan teks.

Berikut akan Suakaraya jelaskan lebih detail jenis-jenis konten digital marketing.

A. Jenis Konten Berdasarkan Manfaat dan Tujuan

1. Konten Informatif

Konten, baik gambar maupun teks yang memberikan informasi. Misalnya, apa bisnis Anda, bagaimana cara memesan, di mana lokasi atau alamat toko, apa visi dan misi perusahaan, dan informasi tentang profil bisnis.

Saya pikir ini adalah konten paling dasar yang harus Anda buat dengan mudah. Ada banyak informasi dan sangat bermanfaat bagi pembaca.

2. Konten Edukasi

Banyak orang yang selalu mencari tahu, selain ingin tahu mereka juga ingin mempelajari hal-hal apa saja yang bermanfaat bagi mereka. Seperti artikel yang Anda baca, ini adalah jenis konten pendidikan. Khusus untuk produk atau layanan jenis baru, Anda harus memulai dengan konten pendidikan.

Jenisnya adalah tips, metode, cara, pemahaman, dan apa pun yang terkait dengan tema bisnis Anda, sehingga Anda dapat memberi nilai tambah pada media pemasaran digital yang Anda gunakan.

Pentingnya konten yang informatif dan mendidik

Kedua jenis konten di atas seolah tidak menjual atau menawarkan produk, namun sebenarnya sangat penting, memiliki sisi yang sangat positif yaitu membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap media Anda.

Apalagi di dunia online dimana penjual dan pembeli tidak saling mengenal, Anda harus bisa menunjukkan konten yang bermanfaat bagi mereka sebelum mereka tertarik untuk membeli.

Baca juga : https://suakaraya.com/jangan-asal-yuk-ketahui-makna-warna-dalam-logo/

3. Pemasaran Konten

Jika ingin berjualan di media online, salah satu senjata digital marketing tentunya adalah content marketing. Ini bukan tentang penawaran produk Anda, tetapi pemasaran konten memiliki karakter yang dapat mengarahkan dan meyakinkan konsumen untuk membeli

Struktur konten pemasaran yang tepat:

  • Teks paragraf awal 50% menitik beratkan pada permasalahan yang dihadapi konsumen, memberikan edukasi dan informasi tentang cara mengatasi permasalahannya. Bagaimana jika itu bukan produk solusi? Anda dapat memberi tahu tentang apa yang menarik tentang produk Anda
  • Kemudian paragraf kedua 40% mengarahkan audiens untuk tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, seperti keunggulan, pengalaman pengguna, dan testimonial
  • Selanjutnya, 10% terakhir dari teks paragraf terakhir adalah ajakan bertindak untuk menarik pesanan atau kontak

4. Konten Interaksi

Jenis konten yang mengundang interaksi audiens, biasanya lebih banyak di media sosial, terutama Facebook dan Instagram. Di media sosial, bisa mengundang interaksi adalah konten yang paling penting, karena semakin tinggi tingkat interaksi, semakin tinggi nilai akun Anda.

Terkadang untuk akun bisnis agak sulit membangun konten interaksi ini karena sering dianggap menjual konten, sehingga followers malas untuk berinteraksi.

Semakin kecil engagement atau interaksi media sosial, semakin kecil nilai akun media sosial Anda dalam algoritme.

5. Cerita atau Ulasan Konten

Ini adalah konten yang memiliki nilai yang sangat kuat di mata pembaca, jika Anda benar-benar dapat membuat sebuah cerita nyata, maka pembaca akan dapat meningkatkan minat mereka terhadap produk Anda berkali-kali lipat.

Anda dapat membuat tentang pengalaman pengguna, atau tentang ulasan produk yang Anda jual untuk berbagi pengalaman dan gambar dengan calon pelanggan yang belum pernah menggunakannya.

Jenis review ini bisa dalam bentuk teks tertulis, tetapi juga lebih menarik jika ada video jika produk Anda memiliki nilai visualisasi.

B. Distribusi Konten di Media Digital

1. Situs Web atau Halaman Arahan

Untuk konten yang informatif dan edukatif dapat disebarluaskan di halaman khusus atau artikel blog seperti Digital Learning.

Utamakan jenis yang paling cocok untuk produk bisnis dan bermanfaat bagi konsumen, seperti informasi tata cara pemesanan, kebijakan pengembalian produk, keunggulan produk, dan manfaat serta cara penggunaan atau perawatannya.

Berikutnya adalah dukungan konten yang dapat ditempatkan di blog atau artikel. Keberadaan sebuah blog sangat penting untuk meningkatkan trafik atau pengunjung website dan juga visibilitas dan kredibilitas website Anda di mata mesin pencari seperti Google.

2. Media Sosial

Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter dan Pinterest pilih salah satu yang menurut Anda paling mudah dan maksimal dalam mendistribusikan konten. Pilih saja 1 atau 2 jika belum terbiasa, tetapi jika memiliki tim, akan lebih baik jika semuanya digunakan.

Di media sosial itu harus lebih pendek, hanya inti dari subjek. Utamakan foto, gambar atau video yang lebih menarik, teks baru akan terbaca jika foto Anda menarik.

3. Youtube

Khusus untuk konten video jenis ini, Anda bisa membagikannya di channel YouTube. Memiliki konten video yang bagus saat ini akan jauh lebih maksimal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen Anda.

Cobalah untuk menjadikan konten video youtube sebagai pengunjung website dan media sosial Anda, jika Anda ingin bersaing di ranah Digital Marketing saat ini.

4. Influencer

Dengan menggunakan influencer (orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan juga pelanggan akun YouTube) dan konten Anda dipublikasikan oleh mereka, ada dua atau tiga keuntungan :

  • Dapatkan lebih banyak perhatian dari pengikut atau pelanggan influencer
  • Meningkatkan dalam hal kesadaran merek produk Anda
  • Mendapatkan pembeli dari hasil influencer
  • Menggunakan influencer adalah tren terbaru, silakan baca 15 Tren Pemasaran Digital di Indonesia

5. Blogger

Blogger adalah orang yang memiliki blog yang bagus, dengan tulisan yang berkualitas dan pembahasan yang mendalam. Anda dapat membayar blogger untuk menulis ulasan dan memposting di halaman blog mereka. Biasanya disebut blog ulasan kontekstual.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari blogger :

  • Artikel review akan selalu ada dan kapan saja orang bisa membacanya
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Dapatkan backlink yang berguna untuk SEO

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top