Jenis-Jenis Pemasaran Digital dan Konvensional – Anda bisa menggunakan jenis pemasaran digital dan konvensional sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Harus diketahui, kedua jenis pemasaran tersebut bisa saling melengkapi, bukan berarti yang satu kurang tepat dibandingkan strategi lain.
Jenis-Jenis Pemasaran Digital dan Konvensional
Jenis Pemasaran Digital
1. Search Engine Optimization
SEO merupakan cara untuk membuat konten yang disukai oleh search engine Google.
Dengan begitu, konten Anda akan direkomendasikan dan mudah untuk ditemukan.
2. Sosial Media Marketing
Anda bisa memanfaatkan layanan iklan berbayar dalam sosial media atau mempromosikan produk secara organik dengan membuat konten yang menarik.
3. Digital Advertising
Digital advertising merupakan berbagai jenis iklan online yang bisa digunakan menjadi media pemasaran.
Seperti iklan pop-up, iklan dalam mesin pencari, maupun iklan pay per click.
4. Email Marketing
Anda memerlukan email konsumen untuk mengirimkan berbagai promosi khusus yang sesuai dengan profil konsumen tersebut.
5. Website Marketing
Semua strategi Digital Marketing diatas akan lebih efektif apabila Anda mempunyai website terlebih dahulu.
BACA JUGA : Strategi Pemasaran Yang Bisa Meningkatkan Penjualan
Jenis Pemasaran Konvensional
1. Door-to-door Sales
Door-to-door sales merupakan strategi pemasaran langsung yang harus dilakukan dengan berkeliling mendatangi calon pelanggan.
Strategi ini bisa digunakan untuk beberapa jenis produk yang mungkin diperlukan pelanggan untuk kegiatan sehari-hari.
2. Offline Event
Mungkin anda sering melihat brand besar yang menggunakan booth atau stand diarea strategis, seperti dipintu masuk mall maupun event tertentu.
Cara ini juga termasuk pemasaran konvensional.
3. Spanduk (Billboard)
Mungkin anda tidak menyadari efektifnya spanduk sebagai salah satu media pemasaran konvensional.
Bahkan, hingga saat ini spanduk banyak digunakan dan masih efektif untuk menarik perhatian audiens.
4. Iklan Televisi
Iklan televisi termasuk kedalam strategi pemasaran konvensional karena tidak menggunakan teknologi digital.
Meski demikian, diperlukan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan slot iklan televisi.
5. Iklan Radio
Sama seperti iklan televisi, iklan radio juga termasuk kedalam strategi pemasaran konvensional.
Saat ini memang sudah cukup banyak radio online, tapi Anda bisa menggunakan radio lokal sebagai media untuk melakukan promosi.
6. Flyer
Membagikan Flyer dapat dijadikan salah satu cara untuk menjangkau target audiens yang cukup luas.
7. Iklan Cetak
Selain itu, anda bisa menggunakan iklan cetak sebagai media konvensional, seperti koran dan majalah untuk mempromosikan produk.