Jenis-jenis Pemasaran Digital dan Konvensional
Digital Marketing

Jenis-jenis Pemasaran Digital dan Konvensional

Jenis-jenis Pemasaran Digital

Jenis-Jenis Pemasaran Digital dan Konvensional – Anda bisa menggunakan jenis pemasaran digital dan konvensional sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Harus diketahui, kedua jenis pemasaran tersebut bisa saling melengkapi, bukan berarti yang satu kurang tepat dibandingkan strategi lain.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital dan Konvensional

Jenis Pemasaran Digital

1. Search Engine Optimization

SEO merupakan cara untuk membuat konten yang disukai oleh search engine Google.

Dengan begitu, konten Anda akan direkomendasikan dan mudah untuk ditemukan.

2. Sosial Media Marketing

Anda bisa memanfaatkan layanan iklan berbayar dalam sosial media atau mempromosikan produk secara organik dengan membuat konten yang menarik.

3. Digital Advertising

Digital advertising merupakan berbagai jenis iklan online yang bisa digunakan menjadi media pemasaran.

Seperti iklan pop-up, iklan dalam mesin pencari, maupun iklan pay per click.

4. Email Marketing

Anda memerlukan email konsumen untuk mengirimkan berbagai promosi khusus yang sesuai dengan profil konsumen tersebut.

5. Website Marketing

Semua strategi Digital Marketing diatas akan lebih efektif apabila Anda mempunyai website terlebih dahulu.

BACA JUGA : Strategi Pemasaran Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Jenis Pemasaran Konvensional

1. Door-to-door Sales

Door-to-door sales merupakan strategi pemasaran langsung yang harus dilakukan dengan berkeliling mendatangi calon pelanggan.

Strategi ini bisa digunakan untuk beberapa jenis produk yang mungkin diperlukan pelanggan untuk kegiatan sehari-hari. 

2. Offline Event

Mungkin anda sering melihat brand besar yang menggunakan booth atau stand diarea strategis, seperti dipintu masuk mall maupun event tertentu.

Cara ini juga termasuk pemasaran konvensional.

3. Spanduk (Billboard)

Mungkin anda tidak menyadari efektifnya spanduk sebagai salah satu media pemasaran konvensional.

Bahkan, hingga saat ini spanduk banyak digunakan dan masih efektif untuk menarik perhatian audiens.

4. Iklan Televisi

Iklan televisi termasuk kedalam strategi pemasaran konvensional karena tidak menggunakan teknologi digital.

Meski demikian, diperlukan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan slot iklan televisi.

5. Iklan Radio

Sama seperti iklan televisi, iklan radio juga termasuk kedalam strategi pemasaran konvensional.

Saat ini memang sudah cukup banyak radio online, tapi Anda bisa menggunakan radio lokal sebagai media untuk melakukan promosi. 

6. Flyer

Membagikan Flyer dapat dijadikan salah satu cara untuk menjangkau target audiens yang cukup luas. 

7. Iklan Cetak

Selain itu, anda bisa menggunakan iklan cetak sebagai media konvensional, seperti koran dan majalah untuk mempromosikan produk.

Back To Top