Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads – Digital advertising atau iklan digital merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan campaign Digital Marketing.
Ada berbagai jenis iklan digital, salah satunya adalah Facebook Ads.
Pada dasarnya, Facebook merupakan salah satu sosial media yang terbesar di dunia.
Mungkin Anda kini lebih terbiasa bermain Instagram atau TikTok, tapi faktanya Facebook kini cukup banyak digunakan.
Facebook mempunyai pengguna setiang yang cenderung aktif. Memasarkan produk maupun mempromosikan brand Anda mungkin lebih efektif dalam Facebook.
Jadi, tidak heran jika banyak brand besar di dunia yang masih menggunakan Facebook sebagai salah satu tools pemasaran mereka.
Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads
Kelebihan
1. Jangkauan yang Luas
Dengan banyaknya pengguna yang aktif, Facebook masih menjadi sosial media yang populer.
Jadi, apabila Anda ingin iklan menjangkau target yang luas, Facebook merupakan platform yang tepat.
2. Tempat Kreativitas
Facebook Ads juga mempunyai fitur brand environment yang interaktif.
Brand maupun bisnis bisa membagikan cerita maupun narasi kampanye yang menarik tanpa kehilangan perhatian audiens.
3. Biaya Lebih Terjangkau
Facebook merupakan salah satu tempat beriklan yang paling terjangkau (cost-effective).
Artinya, Anda dapat menyesuaikan biaya iklan, sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.
4. Mengukur Tingkat Konversi
Facebook Ads juga memiliki dashboard yang cukup lengkap untuk pengiklan.
Melalui dashboard ini, Anda bisa melihat siapa yang melakukan pembelian produk atau jasa Anda. Fitur ini disebut Facebook Pixel.
5. Visibility
Anda dapat melacak proses kampanye Anda, melihat biaya yang sudah dikeluarkan, dan tanggapan yang Anda dapatkan dari iklan tersebut.
BACA JUGA : Apa Itu Facebook Ads?
Kekurangan
1. Keterbatasan Iklan
Beriklan dalam Facebook ternyata tidak bebas seperti yang Anda duga. Facebook mempunyai aturan perlindungan pelanggan yang sangat ketat.
Iklan perlu melewati proses approval terlebih dahulu sebelum akhirnya ditampilkan. Proses ini dapat menghabiskan waktu hingga 24 jam.
2. Persaingan yang Ketat
Banyak pebisnis dan brand yang beriklan dalam Facebook. Sehingga, peluang untuk iklan dari brand Anda diperhatikan audiens juga relatif kecil.
Oleh karena itu, penting untuk memastikan iklan Anda muncul dan menarik perhatian.
3. Aturan 20%
Sebelumnya, Facebook bisa menolak iklan yang memiliki konten teks lebih dari 20%.
Kini, aturan tersebut sudah tidak terbatas, tapi Anda harus memenuhinya supaya iklan direkomendasikan pada audiens.