Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Strategi Flash Sale
Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Strategi Flash Sale

Kelebihan dan  Kekurangan Flash sale

Kelebihan dan  Kekurangan Flash sale – Flash sale merupakan strategi untuk memasarkan produk dengan harga yang lebih murah namun diadakan dalam waktu yang tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Flash sale:

1. Meningkatkan Omzet Penjualan

Keuntungan yang dapat diperoleh jika mengadakan flash sale yaitu bisa mengoptimalkan performa toko online untuk omset penjualan.

2. Meningkatkan Transaksi dari Pelanggan

Dengan mengadakan flash sale, maka Anda mempunyai banyak peluang untuk meningkatkan transaksi jual beli dengan semua pelanggan. Hal tersebut tentu bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

3. Toko Online Menjadi Dikenal

Ketika ada sebuah toko online yang mengadakan flash sale,  tentunya ada berbagai ribuan pelanggan yang menunggunya. Pada waktu berkumpulnya para pelanggan tersebut yaitu waktu lebih tepat untuk memperlihatkan website toko anda. Apabila telah dipilih dalam flash sale, maka nama toko anda bisa dikenal lebih luas.

Kekurangan Flash Sale

  • Website e-commerce akan lebih sulit saat diakses, hal tersebut karena banyak pelanggan yang akan membeli sebuah produk flash sale sebelum kehabisan.
  • Tidak dapat menyelesaikan proses transaksi. Biasanya pelanggan gagal melakukan transaksi.

Cara Mengadakan Flash Sale:

1. Mempromosikan flash sale

Bagikanlah informasi mengenai adanya flash sale dalam berbagai channel penjualan, dimulai dari platform media sosial, website e-commerce, dan aplikasi chatting.

2. Menentukan waktu yang Tepat

Adakanlah flash sale dalam waktu tertentu dengan tepat, seperti gajian, maupun hari raya idul fitri dan natal.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Video Marketing
3. Memberi Batas Waktu dengan Singkat

Supaya menghadirkan rasa takut kehabisan produk dan mendorong konsumen untuk membeli dengan cepat, maka berikan batas waktu dengan singkat.

4. Menjual Produk yang Sering Dicari

Sebelum menyelenggarakan flash sale pilih lebih dulu produk yang akan dijual. Anda bisa menjual produk yang biasanya sering dicari oleh pelanggan atau produk terbaru supaya toko online menjadi lebih diminati oleh pelanggan.

5. Mempersiapkan Ketersediaan Produk

Jika sudah memilih produk, maka Anda perlu untuk mempersiapkan ketersediaan produk. Tentukan berdasarkan penjualan dan flash sale yang sebelumnya, berapa jumlah dari pembelian produk tersebut, hal tersebut dijalankan agar mengetahui berapa jumlah ketersediaan produk yang perlu dipersiapkan.

6. Menghitung Margin Keuntungan 

Saat event flash sale, para pelanggan pastinya menginginkan produk yang murah serta berkualitas baik. Maka dari itu, berikan harga yang kompetitif, namun jangan memberikan harga yang sangat tinggi.

Back To Top