Apa Itu Internet Marketing – Pada era digital sekarang ini sudah banyak orang yang mencari berbagai informasi yang baru lewat internet. Penggunaan internet juga bukan hanya sekedar untuk keperluan mendapat informasi saja, tapi kini juga bisa digunakan untuk melakukan bisnis. Salah satunya yaitu menggunakan strategi internet marketing dengan baik.
Apa Itu Internet Marketing?
Strategi pemasaran dan promosi produk melalui internet yang tujuannya jualan, meningkatkan hasil penjualan, dan mempengaruhi pelanggan untuk membuat pembeli bisa melakukan transaksi pembelian produk tersebut.
Definisi Internet Marketing
Internet marketing adalah strategi pemasaran dan penjualan produk melalui internet yang bertujuan untuk promosi, meningkatkan hasil penjualan, dan mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk tersebut.
Baca Juga : Apa Itu Online Marketing dan Offline Marketing? Apa Perbedaannya?
Pada era digital saat ini, internet marketing dianggap sebagai strategi penjualan yang sangat efektif daripada strategi marketing tradisional.
Beberapa Elemen di Internet Marketing
- Website/Blog
- E-commerce
- Artikel SEO
- Email marketing
- Search Engine Marketing (SEM)
- Social Media Marketing
- Systemize Follow-up
- Sales
Ketahui Ciri-Ciri Internet Marketing
- Tipe promosinya sangat fleksibel dan terbuka, salah satunya melalui artikel, blog, postingan media sosial, twitter dan lainnya.
- Ruang untuk melakukan promosi lebih luas, untuk siapapun dan di manapun.
- Berinteraksi dengan para pelanggan secara lebih responsif dan terbuka (nampak dari semakin banyaknya e-commerce yang tersedianya layanan 24 jam)
- Interaksi banyak arah diantara penjual dan pelanggan untuk membahas produk.
Manfaat Internet Marketing bagi Bisnis
1. Tak membutuhkan biaya yang besar
Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mengembangkan bisnis lewat internet. Anda cukup melakukan strategi dengan tepat, dan melakukan riset tentang pesaing dari bisnis anda.
2. Menjangkau pelanggan dengan lebih luas
Jika menggunakan media internet, bisa meningkatkan jangkauan atau scope pelanggan dengan lebih luas, jadi pelanggan yang di dapatkan bukan hanya di ruang lingkup daerah ataupun nasional.
3. Melakukan proses optimasi dan performa yang bisa diukur
Jika memanfaatkan strategi bisnis konvensional, saat proses evaluasi dan pemantauan bisnis akan cukup sulit daripada dengan menjalankan proses optimasi menggunakan metode online marketing.
4. Kegiatan pemasaran jadi lebih mudah
Tanap adanya batasan tempat dan waktu untuk menjalankan bisnis, apabila memanfaatkan pemasaran dengan menggunakan internet.
Bisa dikatakan internet marketing jadi solusi terbaik untuk memperkenalkan produk pada pelanggan dan meningkatkan hasil penjualan.