Brand Awareness dan Brand Engagement – Dalam marketing, ada sebuah istilah yaitu brand awareness dan brand engagement. Biasanya istilah tersebut dianggap sama, tapi sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda.
Apa Itu Brand Awareness?
Brand awareness adalah kesadaran brand. Kesadaran brand merupakan keadaan calon pelanggan telah mengenal sebuah brand, produk, maupun jasa.
Brand awareness menunjukan kesuksesan bisnis yang telah dikenal pelanggan. Dalam marketing, menciptakan brand awareness adalah hal penting untuk pelanggan supaya mengenal produk dari bisnis Anda. berarti, bisnis Anda tidak akan berhasil apabila anda tidak menggunakan brand awareness tersebut.
Apa Itu Brand Engagement?
Brand engagement adalah sebuah proses yang menghubungkan emosi antara pelanggan dengan sebuah brand. Pada strategi ini, ada komunikasi yang dibangun antara brand dan pelanggan.
Brand engagement memperlihatkan pelanggan bukan mengetahui brand tersebut, tapi juga menjalin komunikasi.
Perbedaan Brand Awareness dan Brand Engagement
1. Komunikasi Pelanggan
Kesadaran brand hanya dalam proses pelanggan mengetahui produk dan tanpa melakukan tindakan meupun komunikasi dengan lebih lanjut. Sedangkan, brand engagement akan melakukan hingga proses terjalinnya komunikasi antara produk dengan pelanggan.
2. Langkah Strategi Marketing
Saat menjalankan strategi marketing, maka Langkah awal yang harus di jalankan yaitu menerapkan strategi brand awareness. Sebagai pelanggan, tentu mereka mengenal produk lebih dulu. Brand awareness dapat dikatakan sebagai proses pengenalan produk Anda ke masyarakat.
Baca Juga : Apa Itu Social Media Branding?
Selanjutnya, pelanggan akan melakukan komunikasi menggunakan berbagai cara. Hal ini telah masuk pada proses brand engagement. Saat Anda memasarkan sebuah produk dalam sosial media produk tersebut.
3. Metrik
Terdapat beberapa metrik yang bisa diterapkan untuk mengukur kesadaran brand, yaitu reach, search volume, mentions, dan brand lift study. Sedangkan, untuk melihat tingkat brand engagement yang di lakukan bisa menggunakan metrik engagement rate. Metrik tersebut memperlihatkan adanya feed back (engagement) dalam kampanye yang dijalankan.
4. Level Customer Journey Tinggi
Level paling tinggi dari brand engagement, yaitu berhasil terjual produk. Untuk perusahaan, terjualnya produk tentu sangat membantu karena bisa meningkatkan keuntungan dari perusahaan. Itu merupakan salah satu keunggulan brand engagement.
Sementara level paling tinggi dalam customer journey brand awareness, adalah top of mind. Artinya, produk adalah jawaban pertama yang akan diketahui pelanggan saat memperoleh pertanyaan tentang jenis produk.