Strategi Bundling – Bundling merupakan sebuah strategi pemasaran atau sales system yang mengelompokan dua produk berbeda menjadi satu promosi. Promosi tersebut biasanya diberi label sebagai sebuah promosi paket hemat.
Pengertian Bundling
Bundling merupakan strategi penggabungan beberapa produk secara bersamaan, selanjutnya menjual produk tersebut menjadi satu paket dengan satu harga. Strategi ini tujuannya untuk mendorong konsumen supaya lebih banyak membeli produk. Melakukan promosi dengan strategi ini membuka kesempatan yang bisa meningkatkan pemesanan produk.
Kelebihan Menggunakan Strategi Bundling
1. Meningkatkan penjualan
Volume penjualan merupakan total produk yang telah terjual diwaktu tertentu. Jika Anda mempunyai produk yang tidak terjual dan membutuhkan budget karena tidak berjalannya promosi, tapi hal ini bisa diatasi dengan mengelompokan produk tersebut menjadi satu paket dengan produk yang paling laku, jadi akan meningkatkan total penjualan Anda secara keseluruhan.
2. Mengurangi ketersediaan gudang
Supaya bisa memberi ruang dalam gudang, Anda bisa menggunakan strategi mengelompokan produk tersebut dengan yang paling laku supaya produk bisa terjual.
Baca Juga : Mengenal Strategi Ecommerce Marketing bagi Bisnis
3. Mengurangi biaya pemesanan dan pengiriman
Strategi ini membantu Anda untuk menjual produk lebih banyak, supaya bisa menghemat biaya pemasaran seperti pengiriman. Dibandingkan melakukan promosi berbagai produk terbaru, sebaiknya anda menggabungkan produk dengan menatanya secara bersamaan.
Jenis-jenis Strategi Bundling
1. Mixed bundling
Strategi mixed bundlling ini biasanya akan mengelompokan beberapa produk yang sering dibeli pelanggan secara bersamaan. Produk tersebut dapat di beli dengan terpisah, tapi ada diskon khusus jika Anda membeli secara bersamaan.
2. Pure bundling
Pure bundling merupakan sebuah penggabungan produk yang hanya dapat di beli secara bersamaan. Berarti, membeli gabungan prod uk tersebut hanya bisa pada satu unit dan jangan dibeli secara terpisah, tapi hal tersebut bisa menyebabkan masalah, yaitu berkurangnya hasil penjualan dengan berjalannya waktu, karena strategi ini terbatas untuk pelanggan saat membeli produk secara terpisah.
3. Same product bundling
Same product bundling merupakan strategi yang paling tepat untuk menyediakan diskon Ketika konsumen membeli telah beberapa produk yang serupa sekaligus. Ini hampir sama seperti metode berlangganan.
4. Persediaan Lebih
Paket bundling merupakan sebuah strategi pemasaran yang bisa dikatakan cukup efektif sekaligus strategi yang tepat untuk mengatur daftar barang lama atau yang sudah tidak dibutuhkan supaya dapat memberi ruang untuk produk terbaru.