Kenapa Strategi Komunikasi dibutuhkan Dalam Berbisnis? - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Kenapa Strategi Komunikasi dibutuhkan Dalam Berbisnis?

Strategi Komunikasi – “Komunikasi hanya efektif ketika kita berkomunikasi dengan cara yang berarti bagi penerima, bukan diri kita sendiri” – Rich Simmonds

Apa Itu Strategi Komunikasi?

Strategi komunikasi adalah perencanaan dalam penyampaian pesan melalui kombinasi berbagai unsur komunikasi seperti frekuensi, formalitas, isi dan saluran komunikasi sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima dan dipahami serta dapat mengubah sikap atau perilaku sesuai dengan tujuan komunikasi.

Strategi komunikasi merupakan inti dari sebuah bisnis. Ini merupakan salah satu faktor terpenting dalam membantu mencapai kesuksesan bisnis. Strategi komunikasi ini mungkin terlihat spele tetapi sebenarnya lebih dari itu. Untuk mencapai maksud dan tujuan dari komunikasi, diperlukan beberapa elemen itu sendiri.

Pentingnya Strategi Komunikasi

Strategi komunikasi yang efektif memungkinkan suatu bisnis bekerja secara efisien dalam mencapai tujuannya. Jika interaksi yang tercipta antara pengirim dan penerima jelas apa yang dimaksud, dan mereka memahami pesan tanpa hambatan informasi akan menghasilkan kinerja yang efisien untuk bisnis. Selain itu, strategi komunikasi memberikan manfaat lain bagi bisnis sebagai berikut :

  • Membatu menyebarkan informasi secara efektif
  • Meningkatkan motivasi karyawan
  • Meningkatkan citra baik perusahaan kepada public
Mengembangkan Strategi Komunikasi yang Efektif

Terdapat dua kunci utaman untuk mengembangkan strategi komunikasi yang efektif

1. Mengenali audience

Sebagai pengirim pesan untuk audience atau penerima kamu harus menepatkan posisi yang tepat dan pahami apa yang dibutuhkan oleh si penerima. Pertimbangan formalitas dan niat saat berkomunikasi.

2. Focus pada maksud dan tujuan saat berkomunikasi

Sebagai pengirim, ketika berkomunikasi dengan orang lain penting untuk lugas, dan memastikan pesan yang dikirim diterima dengan jelas maksud dan tujuannya.

3, Menyusun pesan

Pesan yang dikirim harus menarik, menggunakan tanda-tanda yang tertuju kepada maksud sehingga sama-sama bisa dipahami.

4. Menetapkan metode dan memilih media yang digunakan

Metode komunikasi akan turut mempengaruhi penyampaiannya pesan oleh komunikator kepada komunikan. Dalam menciptakan komunikasi yang efektif, pemilihan media memiliki peran penting. Terdapat empat ciri pokok dalam komunikasi melalui media, terutama bagi media massa, yaitu: bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis. Bersifat satu arah, artinya tidak ada reaksi antara para peserta komunikasi. Bersifat terbuka, artinya ditunjukkan kepada publik yang terbatas dan anonim dan mempunyai publik yang secara geografis terbesar.

Baca Juga : Mengenali SEO dan SEM Bagi Pemula Digital Marketing
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top