Kesalahan Umum dalam Strategi Marketing - maxx99 - Digital Agency
Digital MarketingMarketing

Kesalahan Umum dalam Strategi Marketing

Kesalahan Umum dalam Strategi Marketing

Kesalahan Umum dalam Strategi Marketing  – Terdapat beberapa kesalahan umum dalam strategi marketing yang mungkin sering dilakukan.

Kesalahan tersebut dapat diantisipasi jika Anda bisa mengidentifikasinya lebih cepat.

Dikutip dari Step Change, beberapa perusahaan sulit mencapai tujuan mereka karena ada kesalahan dari strategi marketing yang kurang efektif.

Kesalahan Umum dalam Strategi Marketing  

Tidak Objective

Anda harus memastikan bahwa objective yang ditentukan bersifat measurable atau bisa diukur.

Hal tersebut bisa mempermudah Anda untuk mengevaluasi keberhasilan strategi.

Jika campaign tersebut tujuannya untuk mendapatkan quality leads, jangan sampai fokusnya terganggu oleh metrics lain seperti traffic.

Komunikasi Kurang Efektif

Komunikasi yang efektif tentu sangat penting, supaya semua orang ada dalam jalur yang sama.

Dengan demikian, tim marketing bisa memastikan bahwa strategi yang sudah direncanakan bisa dijalankan secara maksimal.

BACA JUGA : Kesalahan dalam Branding yang Harus Dihindari

Budget dan Objective Tidak Sesuai

Saat merencanakan budget untuk strategi marketing, Anda harus memastikan apakah biaya cukup untuk melihat hasil yang diharapkan.

Jangan sampai biaya yang direncanakan ternyata tidak cukup untuk menjalankan periode campaign yang lebih lama.

Jadi, strategi marketing yang efektif adalah saat Anda bisa menyeimbangkan biaya yang dimiliki dengan objective yang ingin dicapai.

Positioning Tidak Jelas

Agar produk Anda bisa standout, tim marketing harus merumuskan value proposition yang menarik dan berharga untuk para pelanggan.

Selain itu, cara menyampaikannya pada pelanggan juga tidak kalah penting. Jadi, disinilah peran copywriting yang efektif sangat diperlukan.

Pengalaman Pelanggan yang Tidak Baik

Customer experience juga bisa menjadi salah satu faktor kegagalan strategi marketing.

Jadi, jangan lupa juga untuk memaksimalkan semua tahapan dalam customer journey.

Hanya Menggunakan Satu Channel

Setiap marketing channel mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sebagai digital marketer, Anda harus bisa memaksimalkan berbagai channel untuk mencapai objective yang berbeda.

CTA Tidak Jelas

Call to action (CTA) yang membingungkan bisa membuat pelanggan tidak ingin mencari tahu lebih lanjut.

Pelanggan menjadi bingung langkah mana yang harus mereka prioritaskan terlebih dahulu.

Ekspektasi yang Tidak Realistis

Jika Anda berharap strategi dapat mendatangkan return of investment yang tinggi, tapi Anda tidak bisa mengidentifikasi salah satu kesalahan, kemungkinan besar ekspektasi Anda tidak akan tercapai.

Tapi, menentukan ekspektasi yang terlalu rendah juga kurang baik karena optimisme juga diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Agar terhindar dari kesalahan diatas, Anda bisa menggunakan jasa Digital Marketing Agency MAXX99 digital yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda, lho!

Back To Top