Sosial Media Marketing – Tentunya, supaya bisa berhasil dalam melakukan strategi pemasaran menggunakan media sosial harus dilakukan dengan tepat, tapi masih ada banyak kesalahan yang sering dilakukan pebisnis saat melakukan strategi ini.
Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan strategi social media marketing:
1. Menyampaikan Informasi Tidak Lengkap
Apabila menyampaikan informasi dengan tidak lengkap, maka pengunjung tidaka akan memahami brand yang anda promosikan dan akhirnya mereka tidak yakin untuk mencoba produk apa yang di sediakan.
2. Kesalahan saat Menjalankan Strategi Konten
Ketika memasarkan bisnis dalam media sosial, Anda harus membuat konten yang nantinya bisa menjalin komunikasi atau interaksi dengan audience, agar bisa meningkatkan hasil penjualan.
3. Tidak Menggunakan Asset Perusahaan
Yang dimaksud aset yaitu website, blog, email list, serta infografis, asset tersebut merupakan data untuk mendukung media sosial perusahaan. Asset tersebut tentu sangat membantu untuk menjalankan strategi social media marketing.
4. Membiarkan Pengunjung
Saat menjalankan social media marketing, membalas komentar dari pengunjung merupakan sesuatu yang penting. Anda harus ramah, baik saat membalas komentar positif atau negatif.
Baca Juga : Perbedaan Content Marketing dan Social Media Marketing
5. Kesalahan Menggunakan Media Sosial
Berbagai media sosial mempunyai fitur yang berbeda, jadi saat Anda melakukan branding harus sesuai dengan strategi social media marketing yang dijalankan. Konten yang diunggah juga harus sesuai, agar target yang telah ditentukan bisa dijangkau.
6. Tidak Konsisten saat Branding
Meski Anda telah memanfaatkan beberapa media sosial untuk melakukan branding bisnis, anda harus tetap konsisten. Hal tersebut supaya audiens tidak bingung untuk mengenali brand Anda, dan akhirnya tidak akan menguntungkan bisnis yang Anda lakukan.
7. Konten tidak Berkualitas
Selalu memposting konten sangat penting, namun memperhatikan kualitas konten juga sangat penting supaya strategi social media marketing berhasil. Bahkan, sangat penting untuk mempertahankan kualitas konten dan mempostingnya sesuai dengan jadwal agar para pengikut selalu setia untuk mengikuti media sosial.
8. Tidak Rutin Melakukan Update
Untuk melakukan update tampilan media sosial Anda secara rutin, seperti dalam foto profil maupun halaman. Tujuannya yaitu agar para pengikut tidak merasa bosan ketika melihatnya.
9. Membuat Konten yang Terlalu Serius
Buatlah konten berpromosi yang menghibur untuk membangun brand dengan tampilan menarik di mata pengunjung. Jenis konten seperti inilah yang dapat menghasilkan dampak positif dalam jangka panjang.