Ketahui Alasan Mengapa Bounce Rate Situs Tinggi - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Ketahui Alasan Mengapa Bounce Rate Situs Tinggi

Bounce Rate Situs

Bounce Rate Situs – Di dalam strategi digital marketing, salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan yaitu bounce rate. Apabila bounce rate suatu website tinggi, artinya mungkin terdapat kesalahan yang sudah terjadi. 

Jadi apa saja alasan bounce rate website tinggi?

1. Kecepatan memuathalaman melambat

Dikuti dari google, kecepatan loading website yang lambat diakses merupakan salah satu kesalahan yang bisa membuat bounce rate tinggi. Website harus dengan cepat diakses untuk beberapa detik saja. Kalau tidak, mereka tentu saja akan meninggalkan website dan membuat bounce rate meningkat tinggi.

2. Konten yang tidak menarik

Pada umumnya, pembaca akan meng-klik hasil penelusuran dan menuju pada suatu website sebab mereka ingin mencari informasi yang di perlukan. Apabila mereka tidak dapat memperoleh apa yang di cari, pastinya tidak ada alasan untuk masih berada dalam website.

Baca Juga : Tips Menurunkan Bounce Rate Untuk Memaksimalkan Website

Dan selanjutnya, pastikan kita dapat membuat informasi yang di perlukan menyesuaikan dengan layanan yang di miliki. Mungkin tidak sengaja membuat kesalahan yang memicu bounce rate tinggi tersebut dengan melakuan clickbait dan tags yang tak sama. Jadi hindarilah hal tersebut. Jadi sebenarnya, konten yang berkaitan dengan hasil pencarian mungkin dapat menurunkan bounce rate. Kebalikannya, apabila tidak, mungkin bounce rate bisa saja akan meningkat.

3. UI/UX yang tak nyaman

Penggunannya dapat menilai website bisa saja akan menetap maupun meninggalkannya pada hitungan detik. Hanya dari melihat UI (user interface) dan UX (user experience)nya saja, pengguna telah dapat mengambil sebuah keputusan. Apabila warna, layout, navigasi, dan lainnya tidak disenangi, bisa saja para pengguna akan meninggalkan website.

Jadi, sangat penting untuk memastikan UI/UX situs senyaman dan sebagus mungkin. Pastikan semua elemennya bekerjasama dengan baik. UI dan UX yang dirancang dengan bagus ternyata bisa menjadi salah satu alasan bounce rate tidak lagi tinggi dan membuat pengunjung terkonversi menjadi konsumen, lho.

4. Terjadi Kesalahan teknis

Kesalahan yang bisa menyebabkan bounce rate tinggi yang mungkin dialami yaitu karena hambatan teknis. Mungkin ini terjadi saat bounce rate masih tinggi walaupun kecepatan website tidak lambat, konten yang dibuat cukup bagus, dan UI serta UXnya pun tidak bermasalah. Kemungkinan, JavaScript maupun plugin websitemu terjadi eror jadi tidak dapat memuat bagaimana semestinya.

Back To Top