Ketahui Apa Itu e-Commerce Beserta Jenis-jenis dan Manfaatnya
Website

Ketahui Apa Itu e-Commerce Beserta Jenis-jenis dan Manfaatnya

e-Commerce

Bagi anda yang sering berbelanja secara online tentu saja anda pasti akan mengunjungi situs e-commerce. Jadi, apa itu e-commerce?

Apa itu e-commerce?

Electronic commerce atau e-commerce merupakan perdagangan elektronik yang meliputi proses seperti menyebarkan, menjual, membeli, pemasaran serta jasa yang menggunakan sistem elektronik dengan koneksi internet.

Jenis-jenis e-commerce

1. e-commerce B2B / Business to Business

e-commerce B2B merupakan sebuah transaksi yang dilakukan kedua pihak bagi kepentingan bisnis yang dijalankan dengan berlangganan.

2. e-commerce Business to Consumer (B2C)

Kegiatan ini dilakukan oleh pebisnis dengan pelanggan. Contoh transaksi ini seperti pada transaksi jual-beli yang biasa dilakukan, pelanggan memperoleh penawaran produk kemudian membeli secara online.

3. e-commerce Consumer to Consumer (C2C)

Pada transaksi ini jual-beli dilakukan secara online dalam marketplace. Bisa dikatakan, C2C merupakan perantara antara pebisnis dengan pelanggan.

4. e-commerce Consumer to Business (C2B)

C2B adalah kebalikan dari B2C dimana pelanggan yang terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan diposisikan menjadi pembeli.

Manfaat dari e-commerce

Sekarang ini, e-commerce merupakan salah satu model dalam perdagangan yang memang paling banyak digunakan. Hal tersebut terjadi karena terdapat perubahan dalam pola kehidupan masyarakat saat berbelanja secara online dan juga penggunaan internet.

Kebiasaan masyarakat yang saat ini sudah mulai menyukai berbelanja secara online ternyata bisa menjadi keuntungan untuk pebisnis. Para pebisnis bisa memasarkan produk maupun layanan secara online tanpa perlu membangun sebuah toko. Jadi anda akan bisa menjual produk dan layanan pada pelanggan kapan saja dan dimana saja.


Saat pemasaran, anda tidak harus menghabiskan biaya untuk melakukan promosi karena dengan adanya internet anda dapat mempromosikan produk dan layanan dengan luas pada masyarakat. Pelanggan juga akan mendapatakan keuntungan seperti mudahnya membeli produk dan transaksi yang bisa dilakukan secara online.

Tentunya bukan hanya dampak positif yang bisa didapatkan, anda juga harus tetap berhati-hati pada dampak negatif dalam e-Commerce seperti adanya potensi penipuan, pembocoran data, kendala sistem (listrik, jaringan, human eror), bahkan hacker.

Inilah contoh dari beberapa e-commerce di Indonesia

Dengan terciptanya e-commerce di Indonesia yang sudah semakin berkembang tentunya hal tersebut sangat menarik. Bukan hanya bisa bersaing dengan e-Commerce online secara global. DiIndonesia juga terdapat e-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Online Melalui Website

Back To Top