Ketahui Brand Awareness – Brand awareness adalah kemampuan calon konsumen untuk mengenal dan mengingat suatu merek. Pada hal ini tentu saja bisa meliputi nama, gambar dan logo khusus yang digunakan para pebisnis untuk memasarkan sebuah produknya.
Peran Brand Awareness
Peran brand awareness untuk membantu brand dapat diketahui dengan cara menganalisis brand awareness bagaimana dapat menciptakan sebuah nilai. Brand awareness (kesadaran merek) jadi sumber gabungan yang lain, rasa suka, komitmen, dan menentukan merek.
Pembahasa dari keempat nilai sebagai berikut:
1. Brand awareness jadi sumber asoasiasi lain
Sebuah brand yang kesadarannya tinggi untuk membantu asosiasi menyatu dengan brand tersebut karena kemampuan jelajah sebuah brand akan jadi sangat tinggi di dalam pikiran konsumen. Kondisi sekarang ini menampilkan bahwa sebuah brand yang tingkat kesadarannya tinggi bisa menimbulkan asosiasi positif bagi produk lain.
2. Familiar atau rasa suka
Jika brand awareness Anda tinggi, pelanggan akan erat dengan brand Anda, dan lama-lama pasti akan memunculkan rasa suka yang tinggi terhadap brand.
Baca Juga : Apa Itu Brand Strategy
3. Mempertimbangkan brand
Hal pertama pada suatu proses pembelian adalah memilih merek yang terkenal pada sebuah kategori untuk memutuskan brand apa yang akan dibeli. Brand dengan top of mind awareness yang tinggi memiliki nilai pertimbangan. Apabila sebuah brand tidak ada dalam benak konsumen, brand tersebut tidak akan jadi pertimbangan untuk keputusan pembelian.
4. Substansi atau komitmen
Brand awareness dapat mengetahui komitmen, dan inti yang begitu penting untuk perusahaan. Hal itu karena suatu brand dengan brand awareness yang tinggi diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu:
- Iklan secara luas, sampai dikenal oleh semua orang.
- Keberadaan yang telah teruji oleh waktu
- Jangkauan kegiatan pemasaran yang luas, jadi memudahkan konsumen untuk memperoleh produk.
- Brand dijalankan dengan baik.
Cara Membangun Brand Awareness Bisnis
- Social Media
- Content Marketing
- Video Marketing
- Influencer Marketing
- Event Marketing
- Sponsorship
- Merchandise
Bagaimanakah Cara Menilai Brand Awareness?
- Dengan cara Survey
Survey adalah salah satu cara yang biasanya digunakan untuk mengukur brand awareness.
- Lihatlah analytics website anda
Dari analytics website, Anda bisa melihat apa ada peningkatan dan penurunan brand awareness.
- Social Media
Bukan hanya untuk pemasaran, Anda bisa memakai social media untuk mengukur brand awareness Anda.