Meningkatkan User Engagement – Menjalin hubungan dengan para konsumen adalah hal yang begitu penting apalagi bagi anda yang sedang melakukan kegiatan bisnis.
Hal tersebut adalah bagian pada user engagement yang didalamnya memiliki sebuah penilaian tanggapan konsumen pada beberapa jenis penawaran, seperti produk, jasa, dan juga website.
Pada sebuah website keteribatan pengguna (user engagement) adalah kunci yang utama dan penting dengan keberadaan dalam mesin pencari.
Bukan hanya memperkenalkan bisnis anda, hal tersebut juga membantu untuk meningkatkan ranking SEO anda. Tanpa anda sadari, keterlibatan pengguna mempengaruhi jumlah pengguna yang mengunjungi website.
Langkah- Langkah untuk meningkatkan user engagement yaitu :
1. Desain website yang sederhana tapi terlihat menarik
Dengan desain website yang sederhana biasanya akan lebih berfokus pada hal penting dalam website anda. Bukan itu saja, desain website yang sederhana bisa mempercepat loading halaman website. Anda harus memperhatikan hal ini apabila akan membuat sebuah desain untuk website.
2. Sediakan kolom untuk berkomentar
Tersedianya kolom komentar bisa membantu pengguna untuk memberikan pendapat. konten Interaktif lebih efektif untuk membimbing pengguna. Dengan begitu tentu akan meningkatkan keterlibatan pengguna.
Baca Juga : Inilah Engagement Metrics untuk Digital Marketing
Pengunjung website bisa anda ajak untuk berpartisipasi dan meminta pendapatnya dalam kolom komentar mengenai sebuah ulasan terulis yang anda publish.
3. Melakukan riset data online untuk memahami para konsumen
Saat menjalankan hal ini, anda tidak harus mengirim sebuah email secara pribadi pada setiap konsumen karena hal tersebut bisa mempunyai tingkat tanggapan yang mungkin lebih sedikit.
4. Memberi penghargaan dan insentif
Memberi penghargaan untuk pengguna website bukan hal yang jarang dilakukan. Hal ini biasanya dilakukan para pemilik website untuk meningkatkan pengunjung ke dalam website-nya. Dengan menggunakan cara tersebut, pengunjung mungkin akan lebih aktif untuk berkomunikasi dalam website anda.
5. Membagikan ulasan pelanggan dalam media sosial
Bukan hanya untuk mempromosikan produk, media sosial juga dapat menjadi channel untuk mendekati para pelanggan dengan cara membagikan ulasan dari pengguna produk anda.
Ulasan yang positif akan meningkatkan kredibilitas para calon konsumen untuk membeli produk atau layanan anda.
Calon konsumen tentu akan lebih mempercayai ulasan dari konsumen yang lain daripada mempercayai sebuah iklan. Karena ulasan biasanya lebih jujur dibandingkan sebuah iklan yang sifatnya persuasif (mengajak).