Ketahui Fungsi dan Strategi Brand Management - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Ketahui Fungsi dan Strategi Brand Management

Brand management atau manajemen merek adalah strategi yang digunakan oleh tim pemasaran untuk merancang merek yang memenuhi harapan dan kebutuhan pasar.

Tujuan dari manajemen merek adalah untuk membangun komunitas pelanggan setia yang akan terus menggunakan produk dalam jangka panjang.

Selain itu, tujuan dari brand management adalah untuk mengontrol, membangun, dan mengukur keberhasilan ekuitas merek.

Ekuitas merek atau brand equity merupakan nilai perusahaan yang akan diingat oleh konsumen. Ekuitas merek akan mengarah pada bagaimana konsumen akan merasakan emosi dan pengalaman pengguna yang tepat saat menggunakan produk.

Semakin kuat ekuitas merek yang dirasakan pelanggan, semakin baik. Sebab, dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Fungsi Brand Management

Secara umum fungsi brand management atau manajemen merek adalah untuk mendukung strategi manajemen pemasaran. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Dapat mengidentifikasi target pasar yang potensial dan relevan.
  • Menyampaikan pesan dan nilai perusahaan sesuai kebutuhan pasar.
  • Dapat menginformasikan pelanggan tentang manfaat merek melalui titik kontak yang tersedia.
  • Membangun ekuitas merek yang lebih optimal dari waktu ke waktu.
  • Menjaga keharmonisan komunikasi antara brand dan konsumen
  • Membangun identitas merek atau brand identity.
  • Mengatasi kebutuhan akan merek baru yang akan dirilis.

Strategi Brand Management

Seiring waktu, manajemen merek yang tepat akan membantu membangun ekuitas merek yang mudah tertanam dalam ingatan konsumen.

Strategi Brand Management

Prosesnya tentu tidak mudah dan membutuhkan berbagai analisa pasar dan strategi yang terencana dengan baik. Strategi manajemen merek atau brand management melibatkan beberapa metode, sebagai berikut :

Mengenali Posisi Merek di Pasar

Strategi manajemen merek yang pertama adalah mengidentifikasi posisi merek di pasar. Hal ini penting guna merumuskan strategi menghadapi persaingan dengan pemain dalam kategori produk yang sama.

Kembangkan Strategi Manajemen Pemasaran Merek

Langkah-langkah untuk mengembangkan strategi manajemen pemasaran merek, meliputi:

  • Buat penamaan merek/nama merek, logo, kemasan, simbol, karakter/font, dan tagline.
  • Pilih media pemasaran yang tepat.
  • Serta menyusun materi pemasaran.

Pengukuran Ekuitas Merek

Diperlukan analisis dan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengukur keberhasilan ekuitas merek. Ini termasuk melakukan audit merek, pelacakan merek, serta membangun manajemen ekuitas merek dengan tim yang ahli dan berpengalaman.

Baca juga : https://suakaraya.com/programmatic-dooh-advertising-untuk-creative-agency/

Jadi, apakah Anda siap membangun manajemen merek yang kuat untuk bisnis Anda? Semoga dengan membaca artikel tentang strategi dan fungsi manajemen merek di atas, Anda dapat lebih mudah mengembangkan penamaan merek dan manajemen merek yang lebih optimal untuk kesuksesan bisnis.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top