Jenis-Jenis Media Promosi – Bisnis yang berhasil merupakan bisnis yang penjualannya terus meningkat. Maka dari itu, dibutuhkan kegiatan promosi untuk mengenalkan produk anda. Promosi bisa dijalankan menggunakan berbagai media.
Jenis-jenis Media Promosi:
A. Media Promosi Online
1. Media Sosial
Media sosial dapat dikatakan banyak diminati oleh semua pebisnis untuk menjalankan kegiatan promosi. Ada berbagai media promosi yang bisa digunakan dengan platform media sosial, baik itu secara gratis atau berbayar.
2. Toko Online
Bukan hanya untuk berjualan, marketplace juga bisa di manfaatkan untuk melakukan upaya promosi, yaitu dengan menggunakan sebuah layanan seperti iklan berbayar untuk mempromosikan produk yang Anda jual.
3. Email Marketing
Promosi dengan memanfaatkan email marketing tentunya akan bisa membuat cakupan pelanggan dengan lebih spesifik. Anda juga perlu mengumpulkan alamat email dari para calon pelanggan Anda saat akan menggunakan media promosi jenis ini.
B. Media Promosi Offline
1. Brosur
Mungkin saja, media promosi ini sudah tidak banyak dimanfaatkan, tapi nyatanya brosur ini masih cukup efektif jika ditambah dengan visual yang menarik, dan juga informasi yang ada bisa diberikan dengan jelas.
2. Papan Reklame/Billboard
Papan reklame atau biasanya disebut dengan istilah billboard adalah sebuah jenis media promosi yang memanfaatkan layar dengan ukuran besar dan dipasang diluar ruangan maupun tempat umum.
3. Poster
Media promosi jenis satu ini juga biasanya mungkin Anda melihatnya pada tempat umum yang bisa mudah dilihat oleh orang banyak. Fungsi dari poster juga sama seperti jenis media promosi yang lain.
Manakah Media Promosi Tepat bagi Bisnis Anda?
1. Menyesuaikan dengan Anggaran
Apabila Anda mempunyai anggaran banyak, maka anda dapat menggunakan sebuah media promosi salah satunya billboard. Media promosi tersebut dapat mencakup pelanggan yang lebih banyak, karena tempat untuk memasangnya yang dikatakan strategis.
2. Mengetahui Segmentasi Pasar
Selanjutnya, yaitu anda harus mengetahui segmentasi pasar pada bisnis anda. Jika tidak mengetahui segmentasi pasar, tentu akan rumit juga untuk Anda ketika memilih media promosi yang sesuai produk.
3. Menggunakan yang Berdasarkan dari Materi Iklan
Anda dapat menggunakan media promosi manakah yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda, dengan cara disesuaikan dengan materi iklan maupun informasi yang akan diberikan. Apabila materi iklan Anda berbentuk sebuah tulisan, maka media promosi seperti media cetak dapat digunakan.