Digital Marketing

Ketahui Manfaat Inbound Marketing untuk Bisnis

Manfaat Inbound Marketing

Manfaat Inbound Marketing Inbound marketing merupakan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menarik minat calon konsumen dengan cara membuat konten yang berkaitan dan menyediakan solusi untuk mereka. Hal ini fokus terhadap visibilitas brand sampai membuat konsumen berpotensi untuk membeli produk.

Strategi Inbound Marketing yaitu:

1. Menarik Calon Konsumen Potensial (Attracting)

Dengan membuat sebuah konten dan membagikannya lewat berbagai platform pemasaran. Bukan hanya menyediakan konten, kamu harus menggunakan teknik SEO yang sesuai supaya lebih mudah dijangkau oleh konsumen secara online.

2. Merubah Calon Konsumen Jadi Prospek (Converting)

Converting seringkali dijalankan untuk memperoleh informasi kontak calon konsumen potensial.  Kamu bisa mengumpulkan kontak konsumen lewat halaman arahan (landing page), formulir keikutsertaan, dan mengajak bertindak (CTA/Call-to-Action).

Baca Juga : Apa Itu Inbound Marketing? Apa Bedanya Dengan Outbound Markting?

3. Menjalin Hubungan Prospek agar Menjadi Konsumen (Engaging)

Sesudah mengumpulkan kontak konsumen, inilah waktunya untuk berinteraksi dengan konsumen dan meyakinkan konsumen supaya tertarik untuk melakukan pembelian. Kamu dapat menjangkau konsumen lewat berbagai platform sampai konsumen mengetahui produk apa yang di sediakan.

4. Menyenangkan Konsumen (Delighting)

Delighting atau menyenangkan konsumen. Hal tersebut tentunya berguna untuk menarik minat konsumen baru yang dapat membantu produk untuk meningkatkan hasil penjualan.

Manfaat Inbound Marketing yaitu:

1. Meningkatkan Kepercayaan Brand

Penggunaan inbound marketing bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bramd produk kamu. Hal tersebut karena konten yang dibuat di inbound marketing bisa memuat beragam informasi mengenai brand, produk, dan juga layanan yang disediakan.

2. Membuat Visibilitas dan Kesadaran Merek

Karena inbound marketing fokus terhadap sebuah konten yang berkualitas dalam berbagai platform pemasaran, hal tersebut bisa meningkatkan visibilitas dan brand awareness.

3. Memberi Bimbingan Terhadap Konsumen

Menggunakan inbound marketing yang fokus terhadap pembuatan konten, kamu dapat memberi informasi yang berguna untuk konsumen.  Yang artinya, kamu bisa membmbing konsumen dan membantu mereka untuk memutuskan melakukan pembelian.

4. Mendatangkan Lebih Banyak Pengunjung

Saat menciptakan konten yang menarik serta berkualitas untuk inbound marketing, kamu harus menggunakan teknik SEO supaya lebih mudah dijangkau oleh konsumen saat mereka melakukan pencarian di internet.

5. Hemat Biaya

Hal tersebut karena inbound marketing fokus terhadap konten yang dibagikan secara online ke konsumen. Jadi, akan lebih menghemat biaya karena dapat dilakukan lewat email, media sosial, dan website.

Back To Top