Media Digital – Untuk para pebisnis yang baru pertama kali akan mulai menggunakan strategi digital marketing untuk menjalankan bisnisnya, mungkin saja akan cukup bingung untuk menggunakan media digital yang mana. Karena mengingat banyaknya media digital yang bisa digunakan seperi website, toko online, maupun landing page.
Media Digital yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis
1. Bisa Menggunakan Marketplace
Ada banyak sekali marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Anda sebagai penjual sebuah produk dapat memasarkan dan berjualan online dengan menggunakan marketplace.
Anda dapat menggunakan marketplace apabila memiliki tujuan untuk memasarkan dan menjual berbagai produk. Marketplace memiliki banyak fitur yang lengkap untuk digunakan, dimulai dari membayar dengan lebih mudah, mempromosikan, mengoptimasi, hingga fitur untuk menghubungi penjual dengan lebih mudah.
- Kelebihan: Mudah untuk digunakan, tidak berbayar, fitur untuk menjual dan membeli online yang sudah dapat dibilang sempurna.
- Kekurangan: Persaingan yang ketat, seperti anda memiliki toko yang tempatnya ada di sebuah lokasi yang ditempatkan dengan produk pesaing.
2. Menggunakan Website
Jika anda menggunakan website untuk meningkatkan kredibilitas dan juga kesadaran terhadap produk anda. Biasanya sebuah produk yang khusus bisa didukung dengan menggunakan website. Meningkatkan kredibilitas pelanggan tentunya sama seperti membangun kesadaran merk dalam jangka panjang.
Baca Juga : Mengapa Harus TikTok Ads untuk Media Promosi?
Bukan itu saja, anda juga bisa mengelola strategi digital marketing bagi website. Ada berbagai pilihan seperti SEO, SEM, serta Sosial Media.
- Kelebihan: Memiliki kekuasan sepenuhnya dan bebas untuk membuat sebuah website bisnisnya sendiri, dapat meningkatkan kredibilitas dan meningkatkan minat para pelanggan.
- Kekurangan: Biaya pembuatan yang relatif mahal.
3. Menggunakan Instagram
Dengan rutin mengunggah konten, pengikutjuga akan lebih mudah untuk mengetahui produk baru dan diskon. Bahkan bisa jadi akan membeli setelah melihat unggahan dari Instagram.
- Kelebihan: Lebih mudah digunakan, tidak berbayar, sosial media yang sering dimanfaatkan orang-orang.
- Kekurangan: Memerlukan manajemen konten yang memahami cara membuat bisnis dalm Instagram.
4. Menggunakan Mobile Apps
Mempertimbangkan untuk memilih mobile apps yaitu apabila anda akan memudahkan akses supaya lebih cepat dan juga tingkat kemungkinan menggunakan aplikasi yang banyak, maka pengguna bisa menggunakan aplikasi dengan aksesnya yang lebih mudah.
- Kelebihan: Meningkatkan kepercayaan dan nilai yang tinggi terhadap bisnis.
- Kekurangan: Biayanya cukup mahal, memerlukan orang yang ingin mengunduh, biaya mempromosikan aplikasi.