Ketahui Perbedaan Niche Market dan Mass Market - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Ketahui Perbedaan Niche Market dan Mass Market

Perbedaan Mass Market dan Niche Market

Perbedaan Mass Market dan Niche Market Merupakan istilah target pasar yang biasanya digunakan bisnis. Keduanya bisa dimanfaatkan untuk memutskan target pasar saat memasarkan produk. Agar mengetahui mana yang tepat untuk bisnis, maka harus memahami mengenai target keduanya.

Apa Itu Niche Market?

Niche market merupakan target pasar yang lebih umum. Mengetahui persaingan bisnis yang semakin ketat, target pasar ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk digunakan dalam bisnis Anda.

Apa Itu Mass Market?

Mass market merupakan target pasar yang sangat luas namun tetap sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan niche market, mass market mempunyai potensi pasar yang besar dan tidak membedakan keperluan dari calon pelanggan.

Perbedaan Niche Market dan Mass Market

Niche market:
  • Target pasar yang rendah.
  • Melihat latar belakang para calon pelanggan.
  • Persaingan yang lebih rendah.
  • Berpeluang memperoleh penghasilan yang besar.
  • Tidak memerlukan inovasi yang terus-menerus agar menang dalam persaingan pasar.
  • Sumber dayanya yang sedikit.
Mass market:
  • Target pasarnya lebih luas.
  • Tidak lihat latar belakang pelanggan.
  • Persaingannya tinggi.
  • Berpeluang memperoleh keuntungan kecil.
  • Selalu memerlukan inovasi supaya bisa menang dalam persaingan pasar.
  • Sumber dayanya besar.

Kelebihan dan Kekurangannya

Mass market

Kelebihan:
  • Tingkat automasi yang tinggi jadi produksinya cepat.
  • Pemasaran bisa lebih cepat dilakukan karena produk diproduksi dengan cepat.
  • Pemasaran dengan cepat akan memberi mungkin keuntungan besar dalam waktu singkat.
  • Menggunakan alat otomatis yang efisien dan biaya rendah serta pengeluaran per unitnya juga lebih sedikit.
  • Memerlukan biaya lebih sedikit tenaga kerja jadi ketepatannya tinggi.
  • Produksi produk dengan massal mungkin akan menghasilkan hasil yang tinggi.
Kekurangan:
  • Hasil produksinya yang tidak bermacam-macam.
  • Biaya bahan bakunya lebih banyak untuk memperoleh produksi yang cepat.
  • Ada potensi sumber daya yang terbuang jika terjadi kesalahan saat mendesain produk.

Niche market

Kelebihan:
  • Target pasar yang umum jadi persaingan bisnis tidak banyak.
  • Nilai penjualan bisa meningkat.
  • Persaingan yang rendah.
  • Pesaingnya lebih sedikit.
  • Target pasar yang telah ditetapkan membuat Anda akan lebih berfokus saat melakukan bisnis.
  • Sumber daya yang diperlukan lebih sedikit
Kekurangan:
  • Segmen pasar yang lebih rendah, jadi peluang untuk bisnis bisa lebih terbatas.
  • Kurangnya jaminan untuk memberi kesuksesan sesuai yang diharapkan.
  • Pesaing yang sedikit produktivitas mungkin berkurang.
Baca Juga : Apa itu Niche Market? Dan Apa Manfaatnya?
Back To Top