Digital MarketingSEO

Ketahui Perbedaan Search Query dan Keyword

Perbedaan Search Query Dan Keyword

Perbedaan Search Query Dan Keyword – Apbila ingin bekerja pada bidang digital maupun content marketing, maka penting untuk kamu mengetahui apa itu search query dan keyword dan perbedaannya. Nah, untuk mengetahui perbedaannya maka simaklah pembahasan tentang kedua istilah tersebut  dan apakah penting untuk mengetahui perbedaannya keduanya.

Apa Sih Search Query dan Keyword Itu?

Search Query

Menurut google, search query merupakan sebuah kumpulan kata atau frasa yang di masukkan oleh seseorang ke pada kolom pencarian mesin pencari. Perkumpulan kata ini adalah sebuah gabungan dari bermacam- macam kata kunci. Saat seseorang yang memasukkan search query, hasil yang dimasukan akan tampil pada bentuk search engine result page (SERP).

Keyword

Menurut google, keyword merupakan perkumpulan kata yang menampilkan konten yang telah dibuat. Seorang spesialis search engine optimization (SEO) memaksimalkan pemanfaatkan kata tersebut dalam sebuah judul, isi konten, serta gambar, supaya konten tersebut dapat menempati Halaman pertama pada SERP. Hal tersebut dilakukan tentunya saja supaya konten yang dibuat bisa mudah dijangkau orang yang mencari kata kunci tersebut. 

Ketahui Perbedaan Search Query dan Keyword

Seseorang yang menggunakannya? Perbedaan antara search query dan keyword yaitu seseorang yang menggunakannya. Bahwa keyword dimanfaatkan oleh digital marketer, sementara search query digunakan oleh pengguna yang sedang melakukan pencarian.  Digital marketer biasanya memanfaatkan keyword untuk melakukan strategi SEO dan juga PPC (pay-per-click).

Di dalam praktik strategi SEO, digital marketer memaksimalkan keyword dengan menempatkannya dalam URL, judul, isi konten, foto, serta meta description, dan sebagainya. Sementara di dalam praktik PPC, keyword juga digunakan pada halaman website dan juga ads supaya bisa menduduk posisi paling atas di SERP.

Baca Juga : Ingin Website Optimal? Inilah SEO Tools yang Harus Dikuasai

Dilansir dari google, para pengguna mesin pencari memasukan search query untuk mencari apa saja yang ingin pengguna ketahui. Jika memasukkan search query itu, pengguna mengharapkan dapat memperoleh jawaban dari pertanyaan yang ingin diketahui.

Jika kamu seorang marketer, tentunya harus memikirkan  keyword yang akan dimanfaatkan. Walau begitu, untuk memperoleh keyword yang tepat, hal yang perlu dijalankan pertama kali yaitu mencari tahu mengenai search query yang akan dimanfaatkan. Kamu dapat memanfaatkan tools seperti Google Search Console dan Google Ads (Google AdWords) agar mengetahui query yang akan membawa banyak pengunjung pada website.

Back To Top