Digital Marketing

Ketahui Tugas Utama Divisi Marketing dalam Perusahaan

Divisi Marketing

Mengenal Apa Itu Divisi Marketing

Divisi Marketing – Adalah salah satu divisi yang berperan untuk memasarkan produk atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan kepada para pelanggan.

Orang tersebut mempunyai skill dan kemampuan di bidangnya masing-masing yang bisa membantu berjalannya sebuah kegiatan pemasaran dalam bisnis. 

Tugas Utama Divisi Marketing bagi Perkembangan Bisnis

Berikut beberapa tugas utama divisi marketing: 

1. Riset Informasi dan Analisa Tren Pasar

Tugas bagian pemasaran adalah riset informasi dan analisa tren pasar. Sebelum pemasaran produk, harus riset informasi dan analisa tren pasar yang terbaru. Ini bertujuan supaya sebuah perusahaan bisa memasuki pasar yang tepat.

2. Menganalisis Posisi Bisnis Terhadap Kompetitor

Persaingan adalah hal yang sudah tidak asing lagi dalam bisnis. Supaya bisa bersaing, seorang marketer harus mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat analisis kompetitor yang tepat.

3. Perencanaan Strategi Kampanye & Promosi

Kampanye pemasaran merupakan usaha pemasaran strategis yang bertujuan untuk mempromosikan produk. Kampanye pemasaran dikelola untuk menarik perhatian konsumen.

Baca Juga : Update Reels yang Bikin Konten Semakin Keren!

4. Rencana Penjualan Produk, Jasa, atau Layanan

Mempunyai rencana penjualan membantu perusahaan mengidentifikasi target, meningkatkan penjualan, dan melihat kemajuan mereka untuk tujuan tertentu.

5. Manajemen Produk (Harga, Distribusi, dan lain-lain)

Manajemen produk yang meliputi pengembangan produk dan pemasaran produk. Sementara pengembangan produk adalah internal, pemasaran produk adalah fokus pada pelanggan dan mendatangi pasar.

6. Manajemen Informasi serta Inovasi dalam Bisnis

Manajemen bisa menjadi sumber informasi termasuk informasi penting saat proses pengambilan keputusan. Cara kerja informasi manajemen, adalah pengolahan data lalu disimpan dalam database pusat di mana informasi bisa diakses oleh semua orang.

7. Pengelolaan Anggaran Terhadap Return of Investment (ROI)

Alasan utama pentingnya memahami ROI karena merupakan tolak ukur keuntungan bisnis yang paling tepat. Jika mengetahui tingkat pengembalian investasi, semua kegiatan operasional bisa dievaluasi pengembalian investasinya.

8. Membangun Komunikasi dan Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan pelanggan bisa membangun reputasi perusahaan bahwa perusahaan Anda memberi pelayanan yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya.

9. Pemanfaatan Media Online & Offline

Seorang yang bertugas dipemasaran harus membuat strategi pemasaran dengan menggunakan berbagai media untuk mempromosikan produk perusahaan. 

Back To Top