Kini, konsep digital marketing telah diterapkan oleh pebisnis. Jika anda masih bingung mengenai konsep digital marketing, simak artikel ini!
Apa Itu Konsep Digital Marketing?
Konsep digital marketing secara umum merupakan salah satu kegiatan melakukan pemasaran maupun mempromosikan sebuah brand dengan memanfaatkan media digital.
Tujuan dari digital marketing yaitu untuk menarik perhatian pelanggan dengan cepat dan mudah. Konsep digital marketing bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas.
Konsep ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis, dan bisa menjangkau target audiens secara spesifik. Anda juga harus mempelajari konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) yang merupakan dasar untuk menerapkan konsep digital marketing.
Cara untuk Mulai Menerapkan Digital Marketing
1. Menyiapkan media yang akan di gunakan untuk sarana pemasaran
Saat ini, ada banyak sekali tools digital marketing yang dapat digunakan untuk membantu dalam kegiatan pemasaran. Tools digital juga dapat disesuaikan dengan jenis digital marketing apa yang anda terapkan. Tools juga adalah sebuah aset untuk melakukan digital marketing berikutnya.
2. Membuat konten yang menarik dan sesuai dengan pelanggan
Konten yang baik merupakan sebuah konten yang bisa menarik perhatian. Konten dapat berbentuk foto, video, atau tulisan. Sebelum anda membuat konten, anda harus menetapkan tujuan digital marketing yang akan dijalankan.
Bahkan, anda juga harus menentukan target pasar yang akan melihat konten anda. Dengan demikian, anda dapat mengetahui lead yang bisa didapatkan dari customer journey.
Baca Juga : 10 Skill Dasar Digital Marketing yang Harus Diketahui
3. Memposting konten dan Melakukan evaluasi
Anda perlu melakukan evaluasi terhadap postingan dalam berbagai channel digital marketing. Anda harus mengetahui konten mana yang bisa memberi umpan balik pada bisnis anda dan fokus membuat konten yang menarik.
Anda dapat mengetahui seberapa banyak konten yang dibuat untuk menjangkau dan menarik perhatian pelanggan untuk melakukan pembelian produk bisnis anda. Dengan demikian, anda akan mengetahui konten yang bisa membuat pelanggan langsung melakukan pembelian produk.
4. Bergabung pada Marketplace
Apabila anda perlu bergabung pada marketplace, anda bisa mulai untuk mendaftarkan bisnis dalam marketplace. Anda harus memperbaiki profil bisnis karena hal tersebut mempunyai pengaruh pada reputasi produk.
Anda bisa membuat copywriting yang menarik supaya pelanggan tertarik membeli produk. Anda juga bisa menambahkan Call-to-Action untuk meningkatkan conversion rate.