Manfaat Copywriting bagi Bisnis – Dalam era digital seperti saat ini, copywriting mempunyai peran yang penting pada online marketing.
Tanpa disadari, anda pasti pernah membeli sebuah produk setelah membaca dan melihat konten yang ada di berbagai media.
Nah, itulah yang dinamakan copywriting.
Dalam pemasaran, strategi ini bisa diibaratkan sebagai seorang sales marketing yang menawarkan produk secara langsung pada pelanggan.
Bedanya, copywriting membuat penawaran yang berbentuk tulisan, gambar maupun video. Jadi, apa itu copywriting?
Apa Itu Copywriting?
Copywriting adalah salah satu strategi untuk memasarkan sebuah produk atau layanan.
Dimana hal tersebut dilakukan melalui sebuah konten yang tujuannya untuk mempromosikan produk supaya mendapat respon dari pelanggan.
Orang yang membuat copywriting yaitu copywriter.
Dilansir dari buku Copywriting, cara ini tujuannya untuk membentuk perilaku pelanggan, tersampaikan pesan dari penjualan dan membujuk pelanggan agar tertarik terhadap produk yang dipromosikan.
Media iklannya juga bermacam-macam dimulai dari televisi, majalah, landing page, website dan lain-lain.
Karena keektifan dan efisiensi yang disediakan, kebutuhan perusahaan pada hal ini mungkin semakin meningkat.
Ada strategi tertentu yang digunakan dalam hal ini salah satunya yaitu AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action).
Manfaat Copywriting bagi Bisnis
1. Mudah Mendatangkan Pelanggan
Berbeda dengan iklan yang biasa, copywriting bisa menjadikan pelanggan bukan hanya ingin membeli, tapi harus membeli produk.
Karena, strategi marketing satu ini biasanya dilengkapi dengan Call To Action. CTA adalah untuk mengarahkan pelanggan melakukan tindakan yang diinginkan.
2. Membangun Citra Perusahaan
Mungkin pebisnis mengetahui cara menyampaikan pesan dari perusahaan pada pelanggan dengan baik.
Kemampuan ini penting untuk dimiliki seorang pebisnis agar bisa membangun citra perusahaan.
Saat pelanggan percaya kepada produk yang anda pasarkan, artinya copywriting yang dibuat berhasil menarik perhatian pelanggan.
Bisa dikatakan, tujuan dari strategi ini telah tercapai.
BACA JUGA : Mengapa Copywriting Penting Saat Ini?
3. Meningkatkan Penjualan
Citra perusahaan yang baik bisa berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan.
Biasanya, pelanggan akan melakukan pembelian atau menggunakan jasa yang telah laku keras di pasar.
Untuk membuat copywriting yang baik dan bisa menarik perhatian harus mengacu terhadap prinsip AIDA, yaitu:
Attention (perhatian), harus bisa menarik perhatian audiens.
Interest (minat), harus bisa mendorong rasa penasaran dan ketertarikan pelanggan.
Desire (keinginan), harus mempengaruhi perasaan audiens.
Action (tindakan), harus bisa memicu tindakan dari pelanggan.