Manfaat E-Commerce yang Harus Diketahui
Digital Marketing

Manfaat E-Commerce yang Harus Diketahui

Manfaat E-Commerce

Manfaat E-Commerce yang Harus Diketahui – Saat ini, banyak sekali e-commerce yang tersedia.

Anda harus membuat akun terlebih dahulu, anda bisa langsung checkout lebih cepat, ada juga yang menyediakan jasa bayar ditempat atau cash on delivery.

Anda bisa menggunakan hal tersebut tanpa harus merasa kebingungan untuk berbelanja disana.

Manfaat E-Commerce yang Harus Diketahui

1. Biaya Rendah

Membangun toko fisik tentu saja lebih mahal daripada membangun toko online.

Selain itu, pemilik toko yang memasarkan produk tidak harus membayar biaya untuk menyewa gedung atau gaji karyawan.

Bahkan, apabila Anda membangun e-commerce, menggunakan API perbankan bisa mengurangi biaya seperti untuk pengiriman uang dari satu server ke server yang lain.

2. Jangkauan Lebih Luas

Jangkauan e-commerce ini sangatlah luas, berbeda dengan pemasar tradisional, yang secara eksklusif melayani pelanggan.

Pemasar online bisa memudahkan konsumen dari berbagai negara hingga dunia darimana saja untuk berbelanja.

Bahkan, vendor juga akan mendapatkan banyak keuntungan dari hal tersebut. Bahkan, produk yang dibutuhkan akan tersedia untuk pelanggan.

3. Buka 24 Jam

Toko fisik memang bisa buka sepanjang waktu. Akan tetapi, hal tersebut akan membutuhkan biaya operasional yang cukup tinggi.

Apabila anda membangun toko online, hal tersebut bisa diakses kapanpun dan tersedia bagi konsumen sepanjang waktu.

Selainitu, proses transaksi penjual dan pembeli tidak akan terbatas.

4. Transaksi dan Pengiriman Menjadi Lebih Mudah

Kini, tersedia semakin banyak sistem pembayaran dan pengiriman secara langsung.

Berbagai sistem pembayaran elektronik yang tersedia menjadikan transaksi e-commerce lebih mudah.

Konsumen bisnis akan bisa melakukan bisnis atau pembayaran dengan cara transfer rekening virtual.

5. Tidak Harus Stok Produk

Seseorang bisa menjadi dropshipper dalam bidang e-commerce. Vendor perantara produk adalah dropshipper.

Dropshipper tidak memerlukan stok produk. Bahkan sebaliknya, mereka hanya harus melakukan promosi produk.

6. Mengetahui Kebiasaan Konsumen

Memahami perilaku pelanggan memang sangat penting untuk melakukan bisnis.

Pemilik bisnis bisa menggunakan berbagai teknologi di era digital saat ini untuk mengetahui kebiasaan konsumen, perilaku dan hal lainnya.

Google Analytics merupakan salah satu tools analitik yang cukup efektif yang bisa digunakan dengan e-commerce.

BACA JUGA : Ketahui Apa Itu e-Commerce Beserta Jenis-jenis dan Manfaatnya

Jenis-jenis E-Commerce yang Harus Diketahui

1. Business to business (B2B)

2. Business to consumer (B2C)

3. Consumer to business (C2B)

4. Consumer to consumer (C2C)

Back To Top