Manfaat Website Toko Online bagi Bisnis – Website toko online adalah sebuah platform yang mempunyai peran penting dalam sebuah bisnis.
Yuk, simak lebih lanjut tentang apa itu website toko online.
Website e-commerce atau toko online merupakan sebuah situs web yang bisa digunakan untuk jual beli secara online.
Melalui situs web tersebut, Anda bisa memproses pesanan, menerima pembayaran, mengelola pengiriman dan logistik.
Bahkan menyediakan layanan dukungan konsumen.
Semakin berkembangnya teknologi, kini mulai mengubah tren belanja masyarakat. Kini, kebanyakan orang lebih memilih untuk berbelanja secara online.
Fenomena tersebut yang ikut membantu perkembangan website e-commerce secara signifikan.
Menurut analisis RedSeer yang dilansir dari Katadata, nilai transaksi e-commerce Indonesia dapat mencapai US$86 miliar pada tahun 2022.
Jumlah tersebut juga akan semakin meningkat dan mencapai US$104 miliar pada 2023 dan US$121 miliar pada tahun 2024.
Manfaat Website Toko Online bagi Bisnis
Baik untuk pemilik usaha skala besar atau kecil, kehadiran e-commerce sangat bermanfaat.
Berikut ini beberapa manfaat website toko online yang harus Anda ketahui:
1. Membantu Mengelola Bisnis Online
Manfaat website toko online yang pertama, yaitu bisa memudahkan Anda untuk mengelola bisnis online.
Anda bisa berjualan online dalam situs web milik sendiri tanpa harus bersaing dengan kompetitor seperti dalam marketplace.
Dengan membangun e-commerce dari awal secara mandiri, Anda juga dapat menyesuaikan setiap fitur sesuai dengan kebutuhan.
Karena, Anda yang mengetahui apa saja kebutuhan situs web untuk berjualan secara online.
2. Bisa Menjangkau Konsumen yang Lebih Banyak
Dengan website, Anda juga dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Bukan hanya di dalam negeri, tapi juga bisa menembus pasar global.
Hal ini karena website Anda lebih mudah untuk ditemukan di internet. Jadi, siapa saja bisa datang berkunjung dan berbelanja.
Tidak peduli apakah bisnis Anda berskala kecil atau besar, akan selalu ada konsumen yang berpotensi untuk membeli.
Terlebih, belanja online menjadi kegiatan untuk memenuhi kebutuhan yang praktis. Jadi, website ini akan selalu terkenal di kalangan konsumen.
3. Dapat Diakses Kapan Saja
Keunggulan berikutnya yang ditawarkan oleh website, yaitu bisa diakses kapan saja. Bagi Anda sebagai pemilik, hal ini tentu sangat menguntungkan.
Karena Anda bisa mengelola bisnis online kapan saja. Hanya dengan gadget, Anda dapat mengelola pesanan dan mengirimkannya pada konsumen.
Selama ada gadget dan internet, Anda tetap bisa memantau bisnis online dalam website dari mana saja. Baik itu di kantor, rumah, atau luar negeri.
4. Lebih Hemat Biaya
Apabila dibandingkan dengan membangun toko fisik, menjalankan bisnis secara online tentu jauh lebih hemat biaya.
Anda tidak harus menyewa tempat usaha yang menghabiskan banyak biaya.
Selain itu, Anda sebagai pemilik usaha tidak harus untuk membuka banyak cabang penjualan dan distribusi.
Hanya dengan situs web, Anda dapat sukses berjualan online. Proses pesanan konsumen juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.
Hal tersebut bisa meningkatkan keuntungan dengan cara mengurangi biaya operasional.
Karena, Anda tidak harus membayar uang sewa tempat usaha dan karyawan.
BACA JUGA : Cara Membuat Website Toko Online Untuk Pemula
5. Waktu Operasional Kapan Saja
Jika Anda berjualan dengan membuka toko fisik, tentu akan ada jam operasional dan biasanya akan terbatas.
Karena, memerlukan karyawan yang bisa selalu siap untuk menjaga toko.
Tapi dengan website, bisnis Anda bisa mempunyai waktu operasional kapan saja. Selama 24 jam dan 7 hari penuh.
Dalam artian, konsumen dapat bertransaksi kapan saja. Baik itu pagi, siang, sore, hingga larut malam.
Konsumen juga bisa mendapat produk atau jasa yang mereka butuhkan tanpa adanya batas waktu.
Waktu operasional yang panjang ini membantu Anda untuk meningkatkan penjualan.
Bayangkan jika Anda melakukannya di toko fisik, Anda harus menghabiskan banyak uang untuk menggaji karyawan yang bekerja.
6. Mengukur Penjualan dengan Mudah
Manfaat e-commerce bagi bisnis online berikutnya, yaitu dapat membantu Anda untuk mengukur penjualan dengan lebih mudah dan akurat.
Hal ini karena situs web jualan online biasanya mempunyai fitur analytics. Jadi, Anda bisa menganalisis semua data yang disimpan dengan mudah.
Dimulai dari mengetahui efektivitas penjualan, memahami tindakan konsumen, memahami kampanye pemasaran, keterlibatan konsumen, dan lain-lain.
7. Meningkatkan Kenyamanan Konsumen
Keunggulan e-commerce lain dibanding membangun bisnis dengan toko fisik adalah masalah kenyamanan.
Konsumen dapat berbelanja dengan lebih nyaman melalui situs web jualan online. Mengapa begitu?
Karena, belanja online dapat menghemat waktu tanpa harus datang ke toko.
Konsumen cukup membuka website Anda, kemudian cek produk, dan apabila sudah cocok langsung dipesan.
Pesanan mereka juga bisa langsung dikirimkan ke alamat tujuan tanpa harus ke luar rumah.
8. Memahami Konsumen dengan Lebih Baik
Webiste E-commerce adalah saluran penjualan yang dapat membantu Anda untuk memahami konsumen dengan lebih baik.
Hal ini karena situs web membantu untuk mengumpulkan data langsung dengan cara melacak bagaimana konsumen terlibat dengan toko online Anda.
Misalkan, dengan cara menganalisis kebiasaan, hal yang disukai, atau yang tidak disukai oleh konsumen.
Dengan pengetahuan konsumen yang lebih mendalam seperti ini, Anda juga bisa membuat strategi pemasaran dengan tepat.
Selain itu, dapat meningkatkan kualitas produk dan jasa dengan lebih baik. Hingga membuat situs web menjadi lebih nyaman di mata konsumen.
Dengan begitu, konsumen bisa lebih puas ketika berbelanja di toko online milik Anda.
9. Berbagai Metode Pembayaran
Dengan website e-commerce, Anda dapat menyediakan berbagai metode pembayaran yang lebih beragam.
Dimulai dari virtual account dari m-banking, debit dan kredit, e-wallet, hingga pembayaran yang dapat dilakukan melalui minimarket.
Adanya cara pembayaran yang beragam seperti ini juga akan menciptakan kebebasan konsumen untuk memilih.
Mereka dapat berbelanja dengan sistem pembayaran yang tersedia.
Selain itu, konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja online melalui e-commerce karena sistem keamanannya.
10. Komunikasi yang Lebih Baik dengan Konsumen
Menggunakan website e-commerce untuk berjualan online membantu Anda untuk berkomunikasi secara lebih baik dengan konsumen.
Misalkan, dengan menyediakan layanan dukungan konsumen yang cepat tanggap.
Konsumen juga bisa mengajukan pertanyaan atau keluhan dengan lebih nyaman dan merasa terbantu.
Riwayat belanja konsumen juga bisa menjadi sumber informasi yang penting untuk memberi penawaran.
Anda bisa menghubungi pelanggan melalui email marketing atau aplikasi chat, seperti WhatsApp dari data konsumen yang pernah melakukan checkout.
Teknik pemasaran seperti ini dianggap lebih personal dan dapat menjalin kedekatan dengan pelanggan. Jadi, marketing Anda lebih efektif.
Jadi itulah berbagai manfaat e-commerce bagi bisnis yang harus Anda ketahui.
Sudahkah Anda menggunakan website e-commerce untuk meningkatkan penjualan?
Membuat website e-commerce bagi bisnis bisa langsung Anda lakukan, MAXX99 digital menyediakan jasa pembuatan website. Tunggu apalagi? Konsultasi sekarang!