Digital Marketing Metric – Adalah nilai yang digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah bisnis digital marketing. Umumnya, pengukuran itu dilakukan dengan bantuan tools, Metric yang diukur dapat jadi petunjuk apakah usaha digital marketing sudah berhasil. Dengan begitu, Anda dapat melakukan strategi berikutnya.
Digital Marketing adalah strategi yang mempunyai banyak metric. Inilah salah satu kategori digital marketing metrics:
Website Traffic Metric
Website traffic metric bertujuan untuk mengukur performa lalu lintas website . Apa saja digital marketing metrics-nya?
1. Overall Traffic
Overall traffic adalah jumlah seluruh traffic website. Agar mengetahui metric ini, Anda dapat menggunakan tools digital marketing seperti Google Analytics.
2. Channel Metric
Traffic yang masuk ke sebuah website bisa berasal dari sumber atau channel. Setiap channel dapat menyumbang banyak traffic, atau bahkan tidak.
Apabila mengecek channel metric, Anda bisa memprediksi sumber mana yang paling menggiring traffic, dan mana channel yang memerlukan perbaikan.
3. New vs Returning Visitor
Pengunjung website Anda terbagi dua: pengunjung baru (New) dan pengunjung yang sudah datang sebelumnya (Returning).
Baca Juga : Manfaat Digital Marketing
4. Exit Rate
Exit rate adalah metric yang memperlihatkan berapa kali konsumen mengunjungi halaman ke halaman yang lain,lalu meninggalkan website.
5. Bounce Rate
Bounce rate adalah persentase konsumen yang meninggalkan halaman website tanpa melakukan sesuatu. Apabila bounce rate tinggi, akan semakin kecil usaha menaik konsumen membeli produk.
6. Average Time on Page
Time on Page adalah metric yang memperlihatkan lamanya visitor berada di halaman website.
7. Pageviews per Session
Pageviews per session adalah jumlah rata-rata halaman yang dilihat oleh konsumen. Apabila angka metrik tinggi, berarti pengunjung tertarik.
8. Impression
Impression adalah metrik untuk mengukur total viewers yang melihat web anda. Dalam digital marketing, metrik ini bisa ditemukan disemua channel marketing, seperti Facebook Ads, Google AdSense , Instagram Ads, dan website.
9. Engagement Rate
Engagemnt Rate adalah metrik untuk mengukur berapa aktif visitor pada konten yang Anda buat. Metrik ini bisa digunakan di platform digital marketing. Engagement mengukur interaksi audiens pada bisnis Anda.
10. Click Through Rate (CTR)
Adalah jumlah klik terhadap impression. Dengan metrik ini, Anda bisa mengukur persen konten digital marketing Anda.