Memahami Customer Journey Melalui Digital Marketing Funnel
Digital Marketing

Memahami Customer Journey Melalui Tahap  Digital Marketing Funnel

Memahami Costumer Journey

Memahami Costumer Journey – Kini, sudah banyak sekali bisnis yang mengharapkan dapat memperoleh calon konsumen padahal mereka baru saja memanfaatkan iklan dalam media sosial untuk melakukan promosi produknya. Tentu saja tidak salah mengharapkan hal tersebut, namun lebih baik jika anda memahami tahap dari marketing funnel Ketika menggunakan strategi pemasaran ini. Memahami digital marketing funnel juga bermanfaat supaya bisnis dapat mempredikisi alokasi dana serta usaha dengan tepat saat melakukannya.

Memahami Digital Marketing Funnel

Digital marketing funnel merupakan sebuah model yang menjelaskan  tahap untuk audiens sebelum membeli sebuah produk yang dijual. Tahap itulah yang dikatakan  customer journey. Biasanya, tahap tersebut dimulai ketika audiens mengenali sebuah brand (brand awareness), memutuskan untuk melakukan pembelian sampai menjadi pelanggan loyal bagi bisnis.

Manfaat Penerapan Digital Marketing Funnel

Manfaat dari penerapan strategi funnel marketing ini yaitu, bisnis dapat membangun segmentasi yang baik untuk proses pemasaran. Mereka dapat membuat sebuah konten iklan dalam media sosial (medsos) dengan memberikan informasi untuk menarik perhatian para calon konsumen. Dengan begitu, audiens dalam medsos maupun website dapat berpindah menjadi prospek ataupun pelanggan dengan mudah. Harus diketahui bahwa strategi funnel harus digunakan dengan tepat supaya nilai konversi lebih meningkat.

Tahap Strategi Marketing Funnel Digital

1. Exposure

Tahap para konsumen pada strategi funnel marketing biasanya diawali dengan tahap exposure, yaitu tahap mengenalkan brand pada calon konsumen anda.

2. Discovery

Tahap ini merupakan tahap dimana calon konsumen akan mencari tahu lebih dalam tentang bisnis anda.

Baca Juga : Peran Agency untuk Kemajuan Digital Marketing
3. Consideration

Consideration merupakan sebuah tahap dimana calon konsumen akan mempertimbangkan sebelum melakukan pembelian produk.

4. Conversion

Tahap ini merupakan tahap pembelian produk setelah calon konsumen mempertimbangkan produk anda.

5. Customer Relationship

Tahap funnel ini adalah peluang memperoleh pelanggan loyal bagi  bisnis anda.

6. Retention

Retention merupakan tahap anda bisa menarik pelanggan untuk membeli produk lagi.

Beberapa Tahapan digital marketing funnel tadi adalah sebuah pondasi untuk  bisnis saat menerapkan strategi pemasaran. Harus diingat, media pemasaran melalui website dan media sosial sama, maka Anda dapat membuat konten untuk media pemasaran tersebut, dan yang penting yaitu isi konten. Buatlah konten yang membimbing bagi audiens yang ada dalam tahap awal funnel marketing, kemudian buatlah konten promosi untuk meningkatkan konversion.

Back To Top