Local SEO – Di beberapa tahun ini, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi pemasaran yang begitu populer dalam bisnis. SEO merupakan sebuah proses melakukan optimasi pada website agar mesin pencari bisa menemukan website milik anda dan menempatkannya di halaman pertama hasil pencarian.
Sebuah hal sangat penting dari SEO dah harus diketahui diketahui oleh pebisnis yaitu mereka bisa melihat perbedaan dari adanya pengguna yang mengunjungi website dan mendatangkan pengunjung dengan tepat pada website. Para pengguna internet bisa saja tidak masuk pada website anda, namun untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung website yang berpotensi menjadi konsumen, anda harus memperoleh pengunjung website yang tepat bagi website anda.
Internet merupakan tempat yang sangat besar, dan bukan hanya bisa mendapatkan pengunjug saja, tapi juga memperoleh pengunjung disekitar bisnis mereka, maka pebisnis harus menggunakan local SEO. Sebagai contoh, memperoleh pengunjung di lamongan bagi bisnis yang ada di Jakarta itu artinya tidak menerapkan SEO dengan tepat.
Untuk melakukan pendekatan ini dapat dikatakan cukup sederhana. Pertama, anda harus mengetahui apa yang sering diketik oleh audiens saat mereka mencari bisnis dalam mesin pencarian seperti Google. Kemudian, anda harus menggunakan keyword yang berkaitan dengan bisnis anda. Anda bisa menargetkan terhadap pasar lokal dalam keyword yang digunakan.
Contohnya, Dibandingkan menggunakan kata kunci SEO ‘Augmented Reality’, anda dapat menggunakan frase ‘Augmented Reality Jakarta’. Dengan begitu, anda bisa bersaing dengan jasa augmented reality lain dikota anda, dibandingkan anda bersaing dengan semua jasa augmented reality diIndonesia.
Jadi, itulah mengapa menggunakan frase keyword lokal begitu penting. Harus di ketahui, jika anda ingin menjangkau audiens di sekitar bisnis diantaranya beberapa kota kecil, maupun lokasi anda berada dikota sebelah kota besar, lebih baik anda menggunakan kota sekitar saat melakukan optimasi SEO.
Ketika anda membuat konten bagi local SEO, maka sangat penting untuk menggunakan keyword yang natural. Hal ini tidak hanya efektif untuk mesin pencari, tapi juga efektif bagi para audiens yang melihat konten anda.
Meskipun sekarang ini Google merupakan mesin pencari yang paling besar di Indonesia, tapi itu bukan satu-satunya. Maka dari itu, anda bisa meningkatkan eksistensi anda dalam mesin pencari besar lain seperti Yahoo! atau Bing.