Membangun Branding – Tujuan dari UMKM ini mempunyai sebuah brand yaitu supaya mereka bisa bersaing. Kini, pelanggan mempunyai banyak pilihan dan bagaimana cara agar produk anda dapat menarik perhatian calon pelanggan.
Inilah beberapa tahap Good yang mungkin bisa membantu membangun branding bisnis anda :
1. Good Product
Produk yang Baik. Hal ini merupakan persyaratan paling dasar. Pebisnis harus membuat produk yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Dalam proses ini brand masih berbentuk jiwa pada sebuah produk, produk yang mempunyai value berbentuk benefit dan solusi untuk para pelanggan.
2. Good Packaging untuk Membangun Branding
Dalam proses ini branding terlihat lebih nyata dengan membuat logo untuk produk yang merupakan sebuah tanda untuk pelanggan agar mengenal produk anda.
Hal yang nyata dari fungsi penjualan memberi kesempatan pada pelanggan untuk mengenali produk anda, sebelum melakukan pembelian produk dan mempunyai pengalaman dari produk tersebut.
3. Good Service untuk Membangun Branding
Bukan hanya produk, tapi pelanggan juga memerlukan pelayanan yang baik. Dalam hal ini akan melibatkan fungsi dari pemasaran yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan anda.
Memahami pelanggan dengan baik dan apa yang diperlukan merupakan fungsi dari kegiatan pemasaran, jadi perusahaan bisa memberikan apa yang diperlukan oleh pelanggan.
Repeat order merupakan kata kunci yang diharapkan saat pelanggan sudah merasakan dan mempunyai pengalaman pada produk anda.
BACA JUGA : Langkah Mudah Membangun Branding Bisnis Anda
4. Good Bussiness
Untuk mencapai proses ini, sebuah perusahaan harus mempunyai konsistensi, baik itu konsisten pada produksi, konsisten pada kegiatan pemasaran
Setelah itu, konsisten pada cash flow atau bisa dikatakan konsisten untuk berkembang.
Setelah anda mencapai tahap tersebut, maka dapat dikatakan awal yang kuat sudah dibangun oleh perusahaan untuk memulai bisnis yang kuat, membangun loyalitas pelanggan maupun kesukaan pada brand bisnis anda.
Tahap interaksi dalam brand sudah mulai dibuat semenjak Good Packaging, yaitu ketika produk tersebut mudah untuk dikenal dan dibedakan dari kompetitornya serta interaksi akan terus berlangsung dengan pelanggan meski mereka telah setia pada brand tersebut.
Evaluasi merupakan bagian terakhir dari interaksi yang dilakukan. Setiap interaksi yang dilakukan menghasilkan perbaikan secara terus-menerus (continous improvement) sebagai tanggapan dari berbagai perubahan perubahan yang terjadi dilingkungan dalam dan luar.