Mengapa Meme Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan? - maxx99 - Digital Agency
Content MarketingDigital MarketingSEO

Mengapa Meme Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan?

Pernahkah Anda melihat brand besar yang menggunakan meme untuk mengiklankan produknya? Jika sudah, tentunya lebih menarik dan tidak terlihat membosankan bukan? Nah, itulah sebabnya belakangan ini banyak sekali brand-brand besar dan menengah yang menggunakan meme untuk meningkatkan penjualan produksi.

Unsur humor dalam meme sukses menjadi magnet dalam menarik perhatian pembeli. Menurut Anda, apa alasan lain yang membuat meme efektif dalam meningkatkan penjualan? Baca selengkapnya di bawah ini!

Meme berasal dari kata “mime” dan “mimic”, yang mewakili ide-ide budaya yang diturunkan dari satu orang ke orang lain dengan cara yang mirip dengan replikasi gen dalam biologi.

Istilah “meme” sendiri pertama kali dicetuskan oleh Richard Dawkins pada tahun 1976, yang merupakan neologisme (fenomena pembaruan bahasa yang telah digunakan/terkenal di masa lalu).

Awalnya, meme mengacu pada unit transmisi budaya yang terkait dengan imitasi. Namun, seiring berjalannya waktu, pengguna internet menganggap istilah ini merujuk pada kombinasi kata dan gambar yang dibuat untuk membuat lelucon lucu atau biasanya untuk mengkritik fenomena sosial saat ini.

Mengapa meme efektif untuk meningkatkan penjualan?

Meme Mudah dan Murah

Apakah Anda percaya bahwa semua orang bisa membuat meme? Saat ini banyak sekali situs meme yang bertebaran di internet dan bisa Anda gunakan untuk membuat meme. Misalnya, situs bernama Meme Generator berisi ribuan template meme gratis dan siap pakai. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjalankan strategi pemasaran; cukup meme dan ide kreatif! Kuncinya adalah memastikan meme tersebut berkaitan dengan produk yang dijual dan mengenai calon pembeli.

Baca juga : https://suakaraya.com/4-langkah-mengukur-efektivitas-konten-agar-berjalan-maksimal/

Mengubah Merek Anda Sendiri Menjadi Meme

Selain bisa buat, kamu juga bisa buat meme dengan brand kamu sendiri lho. Contohnya, tren Squid Game yang sempat viral beberapa waktu lalu berhasil menghasilkan jutaan meme baru. Momen ini membuat brand-brand besar berbondong-bondong memanfaatkan meme Squid Game dalam memasarkan produknya. Misalnya, tampilan atas kaleng Pepsi yang diubah menjadi Dalgona Candy Challenge. Iklan tersebut berhasil menarik perhatian penonton dan mendapat lebih dari 37 ribu likes di Instagram.

Dapat dibagikan

Meme yang menghibur dan berhubungan dengan penonton dengan mudah tersebar di berbagai media. Jika Anda mengunggahnya di Instagram dan tidak sengaja menjadi viral, bisa jadi meme tersebut diunggah ulang ke media sosial lain, seperti Twitter, Facebook, bahkan grup Whatsapp teman Anda. Dengan begitu, brand Anda bisa dijangkau oleh audiens yang lebih luas dan terkenal. Kalau ada yang berminat bisa langsung close kan?

Itulah 3 alasan mengapa meme menjadi aset yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Manfaatkan meme sekreatif mungkin agar semakin banyak audiens yang tertarik untuk membeli produk Anda!

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top