Mengenal Brand Image, Unsur dan Fungsinya - maxx99 - Digital Agency
Branding

Mengenal Brand Image, Unsur dan Fungsinya

Brand Image

Secara umum,  Brand Image (Citra Merek) merupakan sebuah pengalaman yang ada dalam benak pelanggan ketika mengingat sebuah brand dari produk tertentu.

Bisa dikatakan juga bahwa citra merek merupakan seluruh pengalaman pada sebuah brand yang tercipta dari berbagai informasi dan juga pengalaman yang telah mereka rasakan sebelumnya pada sebuah brand.

Citra pada sebuah merk ini berkaitan dengan erat terhadap sikap seperti sebuah kepercayaan dan acuan yang terbentuk pada sebuah brand. Pelanggan yang memiliki citra baik pada sebuah brand tentu berpontensi lebih besar untuk membeli sebuah produk dari brand tersebut.

Unsur Brand Image

1. Favorability of Brand Association

Favorability of Brand Association yaitu kelebihan asosiasi brand adalah keunggulan produk, dimana sebuah produk yang unggul atau memiliki keunggulan yang lebih pada persaingan pasar.

2. Strength of Brand Association

Kekuatan asosiasi brand ini bergantung dari bagaimana cara informasi masuk pada ingatan pelanggan dan bagaimana informasi akan diproses oleh data sensoris yang terdapat dalam otak untuk menjadi bagian dari brand image.

Ketika pelanggan mulai untuk memikirkan dan juga memahami apa arti dari informasi dalam sebuah produk, maka bisa terbentuk asosiasi yang kuat dalam ingatan para pelanggan.

Didalam hal ini pelanggan akan melihat sebuah objek stimuli yang melalui berbagai hal yang mengalir lewat panca indra (mata, telinga, hidung, kulit, serta lidah).

3. Uniqueness of Brand Association

Memiliki keunikan dan produk yang menarik adalah sebuah hal yang sangat penting untuk brand. Dengan begitu, produk akan mempunyai ciri khas tertentu dan tidak akan mudah ditiru oleh kompetitor anda.

Jika sebuah produk mempunyai keunikan, maka akan bisa memberi pengalaman yang sangat berkesan dalam ingatan pelanggan karena adanya keunikan dalam produk tersebut.

Sebuah brand yang memiliki keunikan atau ciri khas tentu akan bisa menciptakan keinginan pelanggan untuk mengetahui lebih dalam mengenai brand anda. Bukan itu saja, sebuah brand juga harus bisa memberi kesan pertama yang baik untuk para pelanggannya.

Fungsi Brand Image

1. Sebagai pintu masuk pasar
2. Sebagai nilai tambah produk
3. Sebagai penyimpan nilai brand
4. Untuk menyalurkan produk

Itulah pembahasan mengenai brand image atau yang dikenal citra merek. semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda.

Baca Juga : Manfaat Membangun Personal Branding, yuk Simak
Back To Top