Mengenal Conversion dalam Digital Marketing – Pemasaran adalah salah satu bagian yang penting dalam bisnis.
Hal tersebut karena popularitas dan keberhasilan bisnis, bergantung pada bagaimana strategi pemasaran tersebut dijalankan.
Nah jadi, salah satu cara untuk menilai pemasaran tersebut adalah conversion.
Untuk informasi lebih lengkapnya simak artikel ini ya.
Mengenal Conversion Dalam Digital Marketing
Dalam digital marketing, conversion adalah tindakan audiens yang dilakukan oleh mereka untuk mendukung bisnis Anda.
Matriks yang digunakan pada konversi ini yaitu conversion rate, menunjukkan rasio konversi dari semua audiens yang telah melakukan tindakan.
Conversion rate bisa menjadi acuan untuk melakukan analisis seberapa efektif strategi pemasaran yang digunakan.
Selain itu, rasio konversi ini bukan hanya bisa dihitung dalam website, tapi juga media pemasaran yang lain seperti sosial media, email marketing dan lain-lain.
Dapat dikatakan bahwa conversion rate ini bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan strategi pemasaran baik itu secara luas atau secara spesifik.
BACA JUGA : Mengenal Content Marketing, Hal Penting bagi Bisnis Anda
Jenis-Jenis Conversion
1. Overall Conversion Rate
Jenis conversion ini bisa membantu untuk mengukur seberapa baik website Anda ketika mengkonversi traffic.
Sehingga, overall conversion rate ini membantu Anda untuk mengetahui keberhasilan pemasaran dengan hasil yang luas dan tidak spesifik.
2. Page-level Conversion Rate
Jenis konversi ini menilai kinerja dari setiap halaman website.
Hal ini bisa membantu Anda untuk melihat halaman mana yang mendatangkan lebih banyak jumlah audiens dan membangun banyak tindakan konversi.
3. Campaign Conversion Rate
Jenis konversi satu ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam melakukan analisis dampak kampanye iklan yang dilakukan oleh tim pemasaran.
Apakah kampanye iklan yang dilakukan menghasilkan pengaruh positif dan meningkatkan keuntungan lebih maksimal pada penjualan produk atau jasa bisnis.
4. Keyword Conversion Rate
Keyword conversion rate merupakan salah satu perhitungan konversi yang mengambil ranah spesifik.
Anda akan lebih berfokus terhadap analisis kata kunci, mana yang paling efektif meningkatkan konversi dan mana yang kurang potensial.
5. Marketing Channel Conversion Rate
Jenis ini membantu anda untuk menganalisis channel iklan mana yang menghasilkan banyak konversi.
Apabila sudah menemukan yang baik, Anda mungkin harus melakukan optimasi dengan tepat.
Jadi, apakah Anda sudah memahami apa itu konversi dalam digital marketing?
Jika konversi semakin meningkat, maka keuntungan bisnis juga akan ikut meningkat.