Mengenal Marketing Collateral dan Peran Pentingnya Dalam Pemasaran - maxx99 - Digital Agency
BrandingDigital Marketing

Mengenal Marketing Collateral dan Peran Pentingnya Dalam Pemasaran

Marketing Collateral Dalam PemasaranMarketing Collateral bukanlah strategi baru di dunia bisnis. Namun, dengan berkembangnya zaman marketing collateral berubah dari konvensional menjadi digital. Dalam dunia perbisnisan penting bagi Anda untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Agar tidak mengecewakan calon pelanggan, Anda harus memberikan pelayanan serta kualitas yang terbaik.

Namun apasih marketing collateral itu?

Marketing Collateral adalah sebuah media yang mendukung aktivitas atau kegiatan pemasaran hingga terjadinya penjualan. Dalam operasional sebuah bisnis, strategi pemasaran yang satu ini sebenarnya sudah banyak digunakan dan sering kita temui di mana pun. Salah satunya adalah ketika Anda pergi ke mall dan diberikan brosur penjualan ponsel, motor, mobil hingga hunian.

Dari dulu marketing collateral sudah identik dengan brosur, pamflet, dan katalog yang dibagi-bagikan di pinggir jalan. Namun sekarang sudah berinovasi ke digital yang dimana pebisnis lebih sering menggunakan video, podcast, artikel, email dan masih banyak lainnya sebagai aksi marketing collateral mereka.

Apa manfaat Marketing Collateral?
1. Menyampaikan informasi

Salah satu manfaat dari marketing collateral adalah untuk menyampaikan sebuah informasi di platform bisnis Anda yang berisikan deskripsi produk, harga, kontak yang dapat dihubungi, alamat perusahaan, dan masih banyak lainnya. Semua itu dapat Anda sampaikan di marketing collateral tanpa harus menyampaikannya satu persatu.

2. Materi sales

Disaat berada di kondisi yang ramai dengan calon pelanggan pastinya tidak memungkinkan sales untuk menjelaskan satu-persatu bagaimana detail produk. Nah, marketing collateral dapat membantu permudah tugas si sales, dengan pelanggan cukup membaca secara langsung detail produk yang sudah tertera di marketing collateral.

Baca Juga : Kenapa Strategi Komunikasi dibutuhkan Dalam Berbisnis?
3. Wujud branding

Strategi pemasaran yang satu ini harus kamu tambahkan dengan brand identity dan nilai-nilai perusahaan. Dengan begitu, calon pelanggan melihat materi marketing collateral perusahaan Anda, mereka langsung memahami bahwa itu adalah brand-mu.

4. Mendukung campaign

Tidak hanya untuk sales branding, marketing collateral juga bermanfaat untuk mendukung campaign perusahaan. Marketing campaign dipercaya sangat efektif dalam hal menarik pelanggan.

Strategi memulai marketing collateral untuk bisnis Anda
1. Perhatikan tujuan pemasaran

Tidak hanya untuk marketing collateral, tujuan pemasaran sangatlah penting agar lebih spesifik mengenaik produk yang ingin dipasarkan dan lebih mudah untuk mencari mengenai produk yang sesuai. hal ini penting karena membuat tujuan yang spesifik menentukan hasil dari strategi marketing Anda.

Anda perlu menentukan tujuan sebelum memulai semuanya. Apakah tujuan membuat marketing collateral sebagai media informasi sajakah dan penjalan sajakah atau ada hal lainnya? Dari tujuan tersebut dapat menentukan platform media apa yang cocok untuk digunakan.

2. Tentukan jenis media yang akan digunakan

Nah, jika tujuan Anda sudah jelas selanjutnya Anda dapt menentukan media apa yang ingin digunakan. Penentuan ini bisa dilakukan dengan memperhatikan customer journey para pelanggan.

3. Sesuaikan dengan nilai perusahaan

Jangan sampai membuat konten yang tidak sesuai dengan tema bisnis Anda dan denga napa yang Anda pasarkan. Cobalah tetap konsisten dengan apa visi dan misi dari perusahaan.

4. Terapkan branding

Marketing collateral sangat mendukung Anda dalam proses branding. Namun harus dipastikan pesan mengenai brand identity perusahaan tersampaikan dengan marketing collateral ini.

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top