Perbedaan KOL dan Influencer – Meskipun kedua hal ini mempunyai tugas yang hampir sama, namun sebenarnya KOL dan influencer ini mempunyai pengertian dan juga pengaruh yang berbeda.
Apa Itu KOL dan Influencer ?
1. KOL
KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader yang artinya seseorang mempunyai keahlian khusus, seperti wawasan yang cukup luas dan keahlian dalam hal tertentu.
2. Influencer
Influencer merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan, wawasan, serta pengaruh pada sebuah bidang tertentu. Di dalam hal ini, seorang influencer harus bisa mempengaruhi para pengikutnya dengan menggunakan cara yang baik.
Perbedaan KOL dan Influencer
1. Platform yang Digunakan
KOL ini biasanya lebih banyak menggunakan media untuk berkomunikasi seperti radio, media cetak, hingga televisi.
Sementara seorang influencer biasanya sering menggunakan media untuk berkomunikasi dengan media sosial, seperti Facebook, YouTube, dan platform lain.
2. Kepercayaan KOL dan Influencer
Bedanya dengan influencer, mereka mempunyai jumlah pengikut yang memiliki pengaruh pada hasilnya, akan tetapi jumlah pengikut dari KOL tidak begitu berpengaruh.
3. Tarif yang Berbeda
Biasanya, KOL tidak menggunakan tarif untuk menyarankan sebuah produk atau jasa tertentu.
Hal tersebut berbeda dengan influencer yang pastinya telah menentukan tarif tertentu ketika mereka melakukan kerja sama dengan suatu perusahaan.
Baca Juga : Perbedaan KOL dan Influencer yang Perlu Di Ketahui!
4. Pengaruh dan Area Geografis
Kepopuleran dan kepercayaan dari seorang KOL hanya ada di dalam sebuah wilayah tertentu saja, seperti di sebuah desa, kota, atau negara tertentu.
Kepercayaan dari seorang influencer ini lebih luas daripada KOL. Karena, seorang influencer baisanya lebih sering memposting berbagai konten pribadi dalam media sosial.
5. Cara Interaksi Yang Berbeda
Dapat dikatakan bahwa keduanya memang mempunyai keahlian untuk melakukan interaksi dengan baik. Influencer baisanya sering melakukan interaksi dalam media sosial. Sedangkan, KOL biasanya lebih sering berinteraksi lewat media televisi, radio, atau koran.
6. Perbedaan Kegiatan
KOL akan mempunyai pekerjaan yang penuh waktu lain dan harus dikerjakan dengan profesional. Sedangkan, seorang influencer biasanya lebih sering melakukan kegiatan harian di media sosial. Karena, kegiatan keduanya berkaitan dengan dunia marketing.
Manfaat KOL dan Influencer
- Meningkatkan brand awareness.
- Memperngaruhi audiens agar melakukan pembelian produk yang dipasarkan.
- Menjangkau konsumen yang lebih banyak.
- Meningkatkan kepercayaan bisnis sebuah perusahaan.
Membedakan produk dari kompetitor yang memiliki