Mengenal Storytelling Marketing dan Pentingnya bagi Bisnis
Marketing

Mengenal Storytelling Marketing dan Pentingnya bagi Bisnis

Storytelling Marketing

Storytelling Marketing – Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi yang dilakukan dapat terganggu jika orang memberikan informasi secara kurang baik, misalkan basa-basi dan tidak lengkap.

Salah satu cara menyampaikan informasi dengan baik supaya audiens akan mudah memahami yaitu dengan cara melakukan storytelling. Storytelling merupakan salah satu cara untuk penyampaian yang dilakukan untuk membangun perasaan audiens, baik itu rasa sedih, senang, takut, kesal, penasaran, dan marah.

Perasaan yang akan terbentuk dari audiens nantinya bisa membuat topik penyampaian yang dilakukan menjadi lebih mudah untuk diingat. Maka dari itu, cara ini begitu bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun kesadaran merk bagi bisnis yang di lakukan. Jadi, apakah storytelling sangat penting untuk bisnis?

Apa Itu Storytelling Marketing?

Hampir sama seperti storytelling pada umumnya yang tujuannya untuk memudahkan audiens supaya lebih memahami pada apa yang disampaikan dan lebih mudah untuk mengingat, storytelling marketing berfungsi untuk menarik perhatian konsumen supaya menjadi tertarik dengan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Baca Juga : Mengenal Instagram Konten Marketing dan Jenis- jenisnya

Storytelling ini pada sebuah perusahaan biasanya dibuat oleh copywriter yang bertugas untuk membuat sebuah tulisan supaya mudah dipahami dan mudah diingat para audiens.  Copywriter ini perlu menuliskan sebuah fakta yang dikombinasikan dengan cerita menarik agar para audiens tidak merasa bosan.

Mengapa Storytelling Penting untuk Bisnis ?

1. Menjalin Interaksi dengan Audiens

Storytelling berperan penting untuk menghubungkan para audiens dengan perusahaan. Hal tersebut berhubungan dengan kredibilitas masyarakat pada sebuah produk dari perusahaan. Bukan hanya itu saja, storytelling juga dapat membahas alasan untuk apa produk tersebut harus digunakan para audiens.

Storytelling ini bukan hanya mempromosikan sebuah produk saja, tapi juga menjadikan penonton mempunyai rasa entah itu perasaan senang, marah, sedih, kesal.

2. Menjadi Metode Pembelajaran yang Efektif

Pokok dari sebuah pembelajaran yaitu penyampaian. Penyampaian dengan baik bisa lebih mudah untuk di pahami. Maka dari itu, strategi storytelling bisa membantu mempermudah siapa saja sebagai metode pembelajaran. Bukan hanya dalam lingkungan akademi saja, storytelling ini dapat di gunakan di mana saja, bahkan hingga kedalam lingkungan kerja.

Itulah peran storytelling marketing pada sebuah bisnis yang tujuannya untuk membangun perasaan audiens dan proses penyampaian informasi lebih efektif.

Back To Top